Show simple item record

dc.contributor.advisorADLY, EMIL
dc.contributor.authorHENDRARDI, HERJUNIARTO
dc.date.accessioned2019-09-12T06:54:28Z
dc.date.available2019-09-12T06:54:28Z
dc.date.issued2019-07-29
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28777
dc.descriptionPeristiwa bencana alam dapat terjadi secara tiba-tiba tanpa dapat diprediksi secara akurat kapan dan dimana peristiwa tersebut akan terjadi serta seberapa besar kekuatanya dan dampaknya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi dan memetakan tingkat kerawanan bencana pada ruas jalan, serta mengidentifikasi jenis kerusakan perkerasan jalan yang ada pada ruas Jalan Parangtritis KM 16,5 – KM 20,5 dengan metode PCI. Pemetaan kerawanan bencana dilakukan terhadap empat jenis bencana yaitu banjir, amblesan, tanah longsor, dan gempa bumi dengan pendekatan bentanglahan serta metode skoring dan pembobotan. Hasil pemetaan menunjukan bahwa bencana yang memiliki potensi tinggi adalah bencana banjir dan amblesan, gempa bumi dengan tingkat kerawanan sedang dan tanah longsor dengan potensi rendah. Metode PCI didasarkan pada peta kerawanan bencana banjir, karena bencana tersebut adalah bencana yang paling berpengaruh terhadap fungsi ruas jalan dan dapat menganggu kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan. PCI dilakukan sepanjang 3,3 KM. Dari perhitungan PCI diperoleh hasil yang menunjukan bahwa ruass jalan tersebut termasuk kedalam kerusakan sedang (fair).en_US
dc.description.abstractThe natural disaster can happen anytime and cannot be predicted accurately where the disaster will occur. This study aims to identification and disasters level of vulnerability mapping on the road, and to identify the type of road pavement damage with PCI Method which conducted on parangtritis street KM 16,5 – KM 20,5 with STA 21+800 – 25+100. mapping vulnerability of disaster is using arcgis software with four types of disasters which is flood, subsidence, landslide and earthquake and using landscape analysis method. The result of analysis is show that the disaster with the highest vulnerability potential are flood and subsidence, earthquake with medium potential, and landslide with low potential. PCI method based on flood mapping, because this type of disaster really influence the function of the road, so that can have an impact on comfort and safety to the road users. PCI survey analysis along 3,3 KM. The results of the PCI calculation were obtained at an average of 52.54, which means that the road has fair class of damage.en_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectArcGIS, disaster, Mapping, PCIen_US
dc.titlePEMETAAN DAERAH RAWAN BENCANA BERBASISKAN GIS PADA RUAS JALAN YANG TERIDENTIFIKASI BERDASARKAN INDEKS PAVEMENTen_US
dc.typeThesis SKR FT 377en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record