dc.contributor.advisor | ADLY, EMIL | |
dc.contributor.author | HENDRARDI, HERJUNIARTO | |
dc.date.accessioned | 2019-09-12T06:54:28Z | |
dc.date.available | 2019-09-12T06:54:28Z | |
dc.date.issued | 2019-07-29 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28777 | |
dc.description | Peristiwa bencana alam dapat terjadi secara tiba-tiba tanpa dapat diprediksi
secara akurat kapan dan dimana peristiwa tersebut akan terjadi serta seberapa
besar kekuatanya dan dampaknya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk
mengidentifikasi dan memetakan tingkat kerawanan bencana pada ruas jalan, serta
mengidentifikasi jenis kerusakan perkerasan jalan yang ada pada ruas Jalan
Parangtritis KM 16,5 – KM 20,5 dengan metode PCI. Pemetaan kerawanan
bencana dilakukan terhadap empat jenis bencana yaitu banjir, amblesan, tanah
longsor, dan gempa bumi dengan pendekatan bentanglahan serta metode skoring
dan pembobotan. Hasil pemetaan menunjukan bahwa bencana yang memiliki
potensi tinggi adalah bencana banjir dan amblesan, gempa bumi dengan tingkat
kerawanan sedang dan tanah longsor dengan potensi rendah. Metode PCI
didasarkan pada peta kerawanan bencana banjir, karena bencana tersebut adalah
bencana yang paling berpengaruh terhadap fungsi ruas jalan dan dapat menganggu
kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan. PCI dilakukan sepanjang 3,3 KM.
Dari perhitungan PCI diperoleh hasil yang menunjukan bahwa ruass jalan tersebut
termasuk kedalam kerusakan sedang (fair). | en_US |
dc.description.abstract | The natural disaster can happen anytime and cannot be predicted
accurately where the disaster will occur. This study aims to identification and
disasters level of vulnerability mapping on the road, and to identify the type of
road pavement damage with PCI Method which conducted on parangtritis street
KM 16,5 – KM 20,5 with STA 21+800 – 25+100. mapping vulnerability of
disaster is using arcgis software with four types of disasters which is flood,
subsidence, landslide and earthquake and using landscape analysis method. The
result of analysis is show that the disaster with the highest vulnerability potential
are flood and subsidence, earthquake with medium potential, and landslide with
low potential. PCI method based on flood mapping, because this type of disaster
really influence the function of the road, so that can have an impact on comfort
and safety to the road users. PCI survey analysis along 3,3 KM. The results of the
PCI calculation were obtained at an average of 52.54, which means that the road
has fair class of damage. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | ArcGIS, disaster, Mapping, PCI | en_US |
dc.title | PEMETAAN DAERAH RAWAN BENCANA BERBASISKAN GIS PADA RUAS JALAN YANG TERIDENTIFIKASI BERDASARKAN INDEKS PAVEMENT | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FT
377 | en_US |