View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISA KARAKTERISTIK VISKOSITAS DAN KONDUKTIVITAS TERMAL MINYAK PELUMAS YAMALUBE BARU DAN YAMALUBE BEKAS BESERTA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA SEPEDA MOTOR YAMAHA VIXION 150 CC

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (44.21Kb)
      HALAMAN JUDUL (208.7Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (76.24Kb)
      ABSTRAK (24.07Kb)
      BAB I (37.73Kb)
      BAB II (1.050Mb)
      BAB III (1.762Mb)
      BAB IV (395.3Kb)
      BAB V (32.01Kb)
      LAMPIRAN (2.659Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (510.2Kb)
      Date
      2019-03-28
      Author
      SUKARNO, FAKHRUDIN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pelumasan adalah salah satu sistem yang harus disediakan dalam sebuah mesin supaya sebuah mesin dapat bekerja dengan optimal. Berbeda dengan sistem pemesinan lain, pada sistem pelumasan tidaklah mempengaruhi proses kerja mesin secara langsung namun tetap sistem ini wajib ada keberadaanya pada mesin. Selain berfungsi sebagai pelumas, dimana oli akan melapisi komponen yang bergerak di dalam mesin untuk mencegah terjadinya kontak langsung antar komponen yang bersinggungan. Disisi lain oli juga bersifat sebagai pendingin, dimana panas yang disebabkan gesekan antar komponen logam pada mesin dapat diminimalisir oleh oli. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara eksperimental tentang pengaruh viskositas dan konduktivitas termal dari pelumas Yamalube sport baru dan Yamalube sport bekas terhadap kinerja mesin sepeda motor. Pengambilan data meliputi karakteristik viskositas pada variasi tempratur kamar, 45oC, 55oC, 65oC dan 70oC, konduktivitas termal pada variasi 30oC, 40oC, dan 50oC, daya, torsi dan konsumsi bahan bakar dengan jarak tempuh sejauh 4 km dengan kecepatan 40 km/jam. Hasil dari pengujian menunjukan viskositas oli baru paling tinggi sedangkan konduktivitas termal oli bekas 7 paling tinggi. Daya dan torsi maksimum diperoleh oli bekas 1 dengan nilai daya 15,7 HP dan nilai torsi 13,41 N.m dan konsumsi bahan bakar 1 liter sejauh 44,3 km. Sedangkan daya dan torsi terendah diperoleh oli bekas 10 dengan besar nilai daya 11,5 HP dan nilai torsi 10,63 N.m dan konsumsi bahan bakar 1 liter sejauh 40 km. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa oli baru dan oli bekas memiliki nilai karakteristik yang bervariasi.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28826
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV