dc.contributor.advisor | ROSYIDI, SRI ATMAJA P | |
dc.contributor.author | CAHYANING, DEVI ADHADILA | |
dc.date.accessioned | 2019-09-28T03:29:17Z | |
dc.date.available | 2019-09-28T03:29:17Z | |
dc.date.issued | 2019-07-30 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29170 | |
dc.description | Tersedianya infrastruktur jalan yang baik dan berkualitas merupakan hal
utama dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Oleh sebab itu kualitas jalan
harus mampu melayani peningkatan lalu lintas dan struktur perkerasan jalan harus
didesain dengan baik. Pada struktur jalan, lapisan perkerasan terdiri dari lapisan
permukaan (surface), lapisan pondasi (subbase atau base) dan lapisan tanah dasar
(subgrade). Pengujian kekuatan struktural dibutuhkan dalam mengevaluasi suatu
lapisan pondasi. Pengujian LWD merupakan salah satu alat yang digunakan untuk
mengukur kekuatan stuktural dari suatu sistem perkerasan jalan. Pengujian LWD
menggunakan prinsip teori gelombang dengan menjatuhkan beban pada ketinggian
tertentu yang ditangkap oleh sensor geophone. Hasil dari LWD yaitu lendutan yang
digunakan untuk menghitung modulus elastisitas menggunakan persamaan
Boussinesq. Alat ini digunakan pada pengujian lapis pondasi atas (base course) di
area kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan 16 titik pengujian.
Pada titik pengujian yang sama dilakukan pengujian Dynamic Cone Penetrometer
(DCP), dari pengujian ini diperoleh nilai CBR (%) dan modulus elastisitas (MPa)
yang didapat dari nilai DCPI. Hasil pengujian LWD dan DCP menghasilkan
modulus elastisitas yang tidak jauh berbeda, dimana hasil yang didapat mempunyai
nilai korelasi yang cukup kuat, sehingga alat LWD dapat digunakan untuk
pemeriksaan kekuatan stuktural pada perkerasan jalan. | en_US |
dc.description.abstract | A good and qualified condition of road infrastructure is a main issue in
economic growth in Indonesia. Therefore, the road quality must be able to serve
the traffic increase and the pavement structure must be well-designed. In pavement
structure, the pavement structure consists of surface layer, subbase or base layer,
and subgrade layer. The testing of structural strength is required in evaluating a
subbase or base layer. The LWD testing is a tool used to measure the structural
strength of a pavement structure system. LWD testing uses the principle of wave
theory by dropping some load from particular height is taken by the geophone
sensor. The result of LWD is the deflection which is used for measuring elastic
modulus applying Boussinesq equation. This tool was used in the base course layer
testing in the campus area of Universitas Muhammadiyah Yogyakarta with 16
testing points. In the same testing point, Dynamic Cone Penetrometer (DCP) was
conducted. From this testing, the value of CBR (%) and elastic modulus (MPa)
obtained from the value of DCPI. The comparison on LWD and DCP results show
the both testing produce the similar elastic modulus in which the results obtained
have fairly strong correlation value. Thus, the LWD tool can be used for the
inspection of structural in the pavement structure | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Light Weight Deflectometer (LWD), Dynamic Cone Penetrometer (DCP), Boussinesq, Elastic Modulus | en_US |
dc.title | KARAKTERISTIK MODULUS ELASTISITAS DAN DAYA DUKUNG MATERIAL BASE COURSE TIPE KELAS B BERBASIS PENGUKURAN DEFLEKSI | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FT
293 | en_US |