PELANGGARAN–PELANGGARAN SISWA TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH DAN PROSES BIMBINGAN KONSELING DI SMAN 1 BAWANG BANJARNEGARA JAWA TENGAH
Abstract
Penelitian ini berjudul Pelanggaran-Pelanggaran Siswa terhadap Tata Tertib Sekolah dan
Proses Bimbingan Konseling di SMAN 1 Bawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pelanggaran-pelanggaran tata tertib yang terjadi dan proses bimbingan konseling untuk di
SMAN 1 Bawang. Adapun jenis penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif dengan
pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan observasi dan wawancara
sebagai alat penelitian. Jumlah informan mencapai lima orang.
Terdapat pealanggaran-pelanggaran siswa dan siswi kelas X, XI, dan XII. Pelanggaran
tata tertib yang terjadi di SMAN 1 Bawang Banjaranegara pada kelas X meliputi tidak masuk
sekolah. Kemudian pelanggaran pada kelas XI meliputi merokok dalam sekolah dan bullying.
Selanjutnya pelanggaran yang terjadi di kelas XII meliputi keterlambatan dalam masuk sekolah..
Pada pembinaan konseling, guru bimbingan konseling dituntut memberikan pemahaman tentang
norma sosial di masyarakat. Kemudian pada permasalahan yang terjadi di SMAN 1 Bawang,
pembinaan berbentuk pemberian nasehat dan point dilakukan pada pelanggaran ringan maupun
sedang. Lalu pembinaan home visit dilakukan untuk memberitahu atau memberi pembinaan
kepada siswa maupun wali murid.