Show simple item record

dc.contributor.advisorROZIKAN, ROZIKAN
dc.contributor.authorASSHIDDIQ, MUHAMMAD JUNDI
dc.date.accessioned2019-10-01T07:12:48Z
dc.date.available2019-10-01T07:12:48Z
dc.date.issued2019-06-05
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29261
dc.descriptionDalam penelitian ini membahas penilaian etika pelayanan bankir perspektif profetik di dua BPRS, BPRS madina dan BPRS BDW. Penelitian ini menilai pengaruh secara materil dan imateril dari etika pelayanan bankir perspektif profetik di perbankan. Tujuan dalam penelitian ini memdeskripsikan kinerja organisasi antara BPRS Madina dan BPRS BDW dalam menjalankan etika pelayanan bankir perspektif profetik. Profetik yang dimaksud mengambil dari pemikiran kuntowijoyo, bahwasanya profetik memiliki 3 variabel: Amar ma‟ruf (Humanisasi), Nahi munkar (liberasi) dan Tu‟minuna billah (transendensi). Dan penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Secara prinsip BPRS memiliki dua alasan untuk menjalankan etika pelayanan bankir perspektif profetik. BPRS menjalankan syariat Islam yang diwajibkan oleh Allah yang kemudian dicontohkan oleh baginda rasulullah dan BPRS terkhusus para bankir menjalankan selayaknya karakter idolanya yaitu baginda Rasulullah. Secara keuntungan beberapa poin yang dicapai oleh BPRS, kepuasan nasabah yang berasal dari segala sisi pekayanan BPRS, kenyamanan nasabah yang didapat dari pelayanan yang dijalankan dengan ikhlas, fleksibel dan dari hati ke hati dengan tujuan agar nasabah nyaman menabung di BPRS, keloyalan nasabah ditujukan dengan lamanya nasabah menabung di BPRS dan karakteristik yang berbeda dengan BPRS lain, sikap dan perilaku yang ditujukan BPRS ke nasabah pasti akan tertanam pada diri nasabah dan akan menilai bahwa BPRS ini memiliki kekhususan ataupun karakteristik yang berbeda dengan BPRS lain. Hal yang lebih penting ialah cara mengimplementasikan nila-nilai profetik pada praktek etika pelayanan bankir di BPRS dengan beberapa metode yaitu penerapan di BPRS paling efektif pada pemberian contoh para pemanku kebijakan yang menjadi suri tauladan bagi karyawan lainnya, menuliskan hitam diatas putih dengan janji pekerjaan atau memorendum of understanding (MOU) sebelum karyawan bekerja di BPRS.en_US
dc.description.abstractThis study discusses the ethical judgment of bankers‟ service in a prophetic perspective in two BPRS, namely BPRS Madina and BPRS BDW. This study assesses the influence materially and immaterially of service ethics of bankers‟ prophetic perspective in banking. The purpose of this study is to describe the organizational performance between BPRS Madina and BPRS BDW in carrying out service ethics of bankers‟ prophetic perspective. The prophetic meaning is to take on the thought of Kuntowijoyo, it has 3 variables: Amar Ma'ruf (humanization), nahi munkar (liberation) and Tu'minuna Billah (transcendence). And this research using a descriptive qualitative approach. In principle, BPRS has two reasons to carry out service ethics of bankers‟ prophetic perspective. The BPRS carries out the Islamic Sharia required by Allah, which is then exemplified by Rasulullah and BPRS, especially the bankers, carrying out their idol‟s character, which is Rasulullah. In terms of profit, several points were achieved by the BPRS, i.e. customer satisfaction originating from all aspects of the BPRS service, customer convenience obtained from services carried out with sincerity, and flexibility and heart-to-heart with the aim that customers are comfortable in saving in BPRS. Meanwhile, the customer‟s loyalty is indicated by the period of time the customer saves in the BPRS and the characteristics that are different from other BPRS i.e. the attitude and behavior shown by the BPRS to the customer will certainly be embedded in the customer‟s heart and will consider that the BPRS has different characteristics from other BPRS. More important is the way to implement prophetic values on the ethical practices of banker services in BPRS with several methods, namely the application in BPRS which is most effective in giving examples of stakeholders who are role models for other employees, writing the promises of employment or memorandum of understanding (MOU) before employees work at the BPRS.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectethics, banker service ethics, propheticen_US
dc.titleANALISIS ETIKA PELAYANAN BANKIR PERSPEKTIF PROFETIKen_US
dc.title.alternativeSTUDI KASUS : BPRS MADINA DAN BPRS BANGUN DRAJAT WARGAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 195en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record