PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat intensitas bermain game siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, (2) mengetahui tingkat minat belajar siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan (3) mengetahui tingkat pengaruh intensitas bermain game terhadap minat belajar siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitan kuantitatif deskriptif. Sampel berjumlah 180 siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang terdiri 66 siswa dari kelas VII, 64 siswa dari kelas VIII dan 50 siswa dari kelas IX. Pengumpulan data menggunakan metode angket atau kuesioner. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji validitas, uji reliabilitas dengan formulasi koefisien alpha, uji heterokedasitas, uji normalitas dan uji linieritas. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis regresi linear sederhana untuk menguji hipotesis satu dan dua.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat intensitas bermain game pada siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta memiliki intensitas rendah sebesar 44,4%, (2) tingkat minat belajar siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta menunjukkan hasil yang sangat tinggi sekitar 45,6% dan (3) hasiliiperhitungan denganiiSPSS terlihatiibahwa nilai Fiihitung adalahiisebesar 152.308iidengan nilai probabilitasiisebesar 0.000 yang lebihiikecil dariiinilai alpha (0,05). Disimpulkan bahwa pengaruh intensitas bermain game terhadap minat belajar bersifat signifikan dengan nilai R square 0,461. Maka pengaruh intensitas bermain game terhadap minat belajar siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebesar 46,1% sedangkan 53,9% dipengaruhi oleh variabel lain.