Show simple item record

dc.contributor.advisorISMAIL, GHOFFAR
dc.contributor.authorANGGITA, CAMYLIA RIA
dc.date.accessioned2019-10-02T03:25:46Z
dc.date.available2019-10-02T03:25:46Z
dc.date.issued2019-03-16
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29291
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan agar mengetahui kiat-kiat sekolah unggul di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, guna mengetahui kendala dalam menjadikan sekolah unggul studi kasus di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, untuk mengetahui cara mengatasi kendala dalam sekolah unggul di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif. Dengan tahapan reduksi data atau pengumpulan data, display data dan menarik kesimpulan serta verifikasi data. Hasilnya mengungkapkan bahwa kiat-kiat sekolah unggul studi kasus di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dilihat dari input yaitu, pengelolaan keuangan secara transparan dan akuntabel, pengelolaan SDM dengan mengadakan pelatihan dilihat dari proses yaitu kurikulum yang digunakan telah sesuai dengan standarisasi, kebijakan sekolah berupa kelas unggulan seperti tahfidz, bahasa, sains, dan kelas ICT dan outcome atau keluaran yaitu keberhasilan akademis yang tinggi. Kendala dalam membentuk sekolah unggul studi kasus di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta yaitu keuangan yang mahal, rusaknya fasilitas, mengeluhkan akan kebijakan tentang sekolah 5 hari, guru yang tidak mengetahui tentang IT, siswa bosan dengan kurikulum 2013, pembelajaran di kelas terkesan monoton, ada siswa yang terkena dropout, masih adanya yang tidak disiplin dan keamanan belum baik. Cara mengatasi kendala dalam membentuk sekolah unggul studi kasus di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta yaitu pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi dan kurang mampu, pihak sekolah sudah menyediakan orang–orang untuk membenarkan sarana dan prasarana yang rusak, pelatihan mengenai IT adanaya bimbingan secara intensif kepada guru- guru yang kesulitan dalam penguasaan IT, metode dan media yang bervariasi agar materi yang diajarkan dapat dicerna oleh siswa, adanya punishment dan guru tegas lagi dalam menangani siswa yang melakukan pelanggaran.en_US
dc.description.abstractThis research aims to find out the excellent school strategies in SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta to reveal the obstacles in realizing the school as an excellent school through a case study in SMP Muhamadiyah 2 Yogyakarta and to find out the way to solve obstacles in excellent school in SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. This research used qualitative descriptive approach. The data collection technique done is analysis descriptive by applying the stages of data reduction or data collection, data display, and conclusion drawing as well as data verification. The results reveal that the excellent school strategies as a case study in SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta can be seen from input, transparent and accountable financial management, Human Resources Management by holding training seen from curriculum process applied has been in accordance with the standardization, school policies such as the featured programs like tahfidz, language, science, and ICT class, and high academic success outcomes. The obstacles in realizing excellent school as a case study in SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta are expensive financial requirement, broken facilities, the complain of 5-days-school policy, teacher’s inadequate knowledge on ICT, the students boredom on Curriculum 2013, monotonous learning, drop-out students, indiscipline actions, and inadequate security. The way to solve the obstacles in realizing excellent school as a case study in SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta is scholarship grant for the outstanding and less fortunate students. In addition, the school has provided the resources to fix the broken facilities, IT training and intensive guide for teachers having difficulties in IT mastery, provision of various method and media so that the materials can be understood by the students, punishment and teachers’ assertiveness in handling students violating the rules.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectStrategies, excellent schoolen_US
dc.titleKIAT-KIAT MENJADI SEKOLAH UNGGULen_US
dc.title.alternativeSTUDI KASUS DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR 027en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record