PENGARUH KREDIT USAHA RAKYAT TERHADAP MINAT PEDAGANG PASAR YANG MELAKUKAN PEMBIAYAAN DI BAITUL MAAL WA TAMWIL (Studi Kasus BMT UMY)
Abstract
Tujuan penelitian ini guna mengetahui apakah ada pengaruh produk bank konvensional yakni KUR terhadap minat pedagang pasar yang menjadi mitra pembiayaan di BMT dalam melakukan pinjaman KUR pada bank dengan tujuan pemenuhan modal usaha pedagang pasar ditinjau dari faktor kualitas produk, pelayanan, dan lokasi. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data primer yakni menggunakan kuesioner sebanyak 30 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diantara ketiga variabel tersebut, kualitas produk menjadi faktor dominan yang paling mempengaruhi minat pedagang pasar sebagai mitra pembiayaan di BMT dalam melakukan pinjaman KUR, sedangkan variabel pelayanan dan lokasi tidak mempengaruhi minat pedagang pasar. Berdasarkan hasil olah data menunjukkan adanya pengaruh produk KUR terhadap minat pedagang pasar sebagai mitra pembiayaan di BMT, namun peluang perpindahan produk relatif kecil.