dc.contributor.advisor | MADJID, ABDUL | |
dc.contributor.author | SALAMAH, NUR’AINI FIDARIS | |
dc.date.accessioned | 2019-10-03T02:13:35Z | |
dc.date.available | 2019-10-03T02:13:35Z | |
dc.date.issued | 2019-07-10 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29312 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan akhlak
yang dapat diambil dari kisah Nabi Sulaiman dan mengetahui relevansi nilai-nilai
pendidikan akhlak dalam kisah Nabi Sulaiman dengan pembelajaran Akhlak pada
jenjang pendidikan Madrasah Aliyah.
Penelitian ini ingin mengkaji mengenai kisah nabi Sulaiman yang ada
dalam Tafsir Al-Marāgī dengan menggunakan metode tafsir Mawḍū’iy. Penelitian
ini bersifat deskriptif-analitis. Setelah dilakukan penafsiran akan dikaji nilai-nilai
pendidikan akhlak yang ada dalam kisah Nabi Sulaiman dikaji dengan tafsir Al-
Marāgī.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Nilai-nilai pendidikan akhlak
dalam kisah Sulaiman adalah takwa, ‘iffah, tawakal, syukur, ikhlas, adil dan
menuntut ilmu. 2) Nilai-nilai akhlak dari kisah nabi Sulaiman yang sudah
tercantum di materi kelas X dan XI Madrasah Aliyah yaitu hikmah, ‘iffah, adil
dan syukur. Adapun yang belum tercantum adalah takwa, ikhlas, tawakal dan
menuntut ilmu. Keempat akhlak tersebut penting untuk dimasukkan ke dalam
materi pembelajaran sebagai bekal ilmu peserta didik untuk mampu membentengi
diri dari sikap materialisme, hedonisme dan pragmatisme | en_US |
dc.description.abstract | The research aimed at analysing the values of akhlak (moral) education
inspired by Nabi (prophet) Sulaiman and learning the relevance of akhlak
education values in Nabi Sulaiman stories to akhlak education in Madrasah
Aliyah (High School) education level.
The research studies Nabi Sulaiman stories in Tafsir (interpretation) Al-
Maragi using Mawdu’iy. The research is descriptive analytic. After the process of
interpretation, akhlak education in Nabi Sulaiman stories will be analysed using
Al-Maragi tafsir.
The research result indicates that: 1) The values of akhlak education in
Nabi Sulaiman stories are takwa (obedience), ‘iffah (prevent self from doing
things prohibited by Allah), tawakal (surrender to Allah), syukur (grateful), ikhlas
(sincere), just, and seeking knowledge. 2) The values of akhlak from Nabi
Sulaiman stories in teaching materials in grade X and XI at Madrasah Aliyah are
hikmah (wise), ‘iffah, just, and syukur. However, takwa, ikhlas, tawakal, and
seeking knowledge are not in the materials yet. The four akhlak values will be
included in the materials as knowledge for the students to be able to prevent
themselves from being materialistic, hedonism, and pragmatism. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Values, Akhlak, Sulaiman, Tafsir | en_US |
dc.title | NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KISAH NABI SULAIMAN (Kajian Tafsir Al-Marāgī) | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
338 | en_US |