Show simple item record

dc.contributor.advisorSYAMSUDIN, SYAMSUDIN
dc.contributor.authorSAPUTRO, ESTU DWI
dc.date.accessioned2019-10-03T02:22:11Z
dc.date.available2019-10-03T02:22:11Z
dc.date.issued2019-03-16
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29313
dc.description.abstractPeneltian ini dilakukan untuk (1) mendeskripsikan konsep guru yang profesional menurut pemikiran Abu Bakar Muhammad dan Abdul Karim Bakkar serta (2) mencari perbedaan dan persamaan dari kedua konsep tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan catatan, buku, dan dokumen lainnya. Analisis data dilakukan dengan menelaah suatu data dari umum ke khusus dan sebaliknya. Setelah itu dilakukan komparasi atau perbandingan untuk melihat hal-hal yang memiliki persamaan dan perbedaan dari data tersbut. Kemudian dimunculkan sebuah kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian, didapati bahwa: (1) Konsep guru profesional menurut Ab Bakar Muhammad ada lima kriteria Pertama, sifat iman dan taqwa. Kedua, memiliki akhlak sosial yang baik. Ketiga, memiliki sifat semangat sejak menuntut ilmu. Keempat ,memiliki ketegasan, kebijaksanaan dan keteladanan. Kelima, bertanggung jawab terhadap keilmuannya. (2) Konsep guru profesional dalam pandangan Abdul Kar m Bakk r terdapat empat kriteria. Pertama, memiliki persiapan yang matang, mulai dari langkah awal yang harus ditempuh untuk menjadi guru sampai dengan memiliki proses pelatihan yang berkelanjutan. Kedua, berkepribadian seorang guru, yaitu sebagai orang yang berwawasan, sebagai teladan, sebagai pendidik, sebagai pembaharu pengetahuan. Ketiga, berakhlak yang baik. kempat, bertanggung jawab sebagai pengembang ranah akhlak siswa, sebagai jembatan antar generasi, mencerdaskan siswa, membantu siswa menentukan citacita, membangkitkan nalar kritis siswa, mendorong siswa pada pemikiran yang bersih, penyempurna kurikulum. (3) Kedua pemikiran ulama tersebut memiliki banyak persamaan dilihat dari empat aspek, yaitu aspek kepribadian, pedagogik, profesional, dan sosial. Terdapat perbedaan yang cukup jauh pada aspek pedagogik seorang guru, yang mana Abu Bakar Muhammad tidak menekankan aspek ini. Adapun yang lebih relevan dengan zaman sekarang adalah konsep guru profesional menurut Abdul Karim Bakkaren_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectAb Bakar Muhammad, Abdul Kar m Bakk r, Guru Profesionalen_US
dc.titleKONSEP GURU PROFESIONALen_US
dc.title.alternativeStudi Komparasi Pemikiran Abū Bakar Muhammad dan Abdul Karīm Bakkāren_US
dc.typeThesis SKR 032en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record