Show simple item record

dc.contributor.advisorSYAMSUDIN, SYAMSUDIN
dc.contributor.authorMUZAKKI, FADHLURRAHMAN RAFIF
dc.date.accessioned2019-10-03T02:37:15Z
dc.date.available2019-10-03T02:37:15Z
dc.date.issued2019-03-12
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29317
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep adab dan strategi pencari ilmu dalam kitab Hilyah Thalib al-‘Ilmi karya Bakr bin Abdullah Abu Zaid. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kepustakaan, sedangkan pendekatan yang digunakan ialah kualitatif, sebab penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep adab dan strategi pencari ilmu. Lalu sumber primer yang dijadikan rujukan adalah kitab Hilyah Thalib al-‘Ilmi karya Bakr bin Abdullah Abu Zaid. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan cara dokumentasi dan untuk menganalisisnya maka digunakan penelitian yang bersifat deskriptif-analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Konsep adab pencari ilmu menurut Bakr bin Abdullah terdapat empat sikap, yaitu sikap pencari ilmu yang meliputi: Niat, takut kepada Allah, memiliki sifat muru’ah dan tekun. Lalu sikap pencari ilmu pada guru meliputi: Menjaga kehormatan guru, menghargai guru dan menulis catatan dari guru. Sikap pergaulan pencari ilmu yaitu waspada berteman dengan teman yang buruk. Terakhir yaitu sikap ilmiah pencari ilmu yang meliputi: Memiliki cita-cita yang besar, menjaga ilmu dengan tulisan, menjaga hafalan, mengasah pemahaman, dan memohon pertolongan dari Allah Swt. 2) Strategi pencari ilmu menurut Bakr bin Abdullah ialah mengahafal pelajaran, bertahap dalam belajar dan memiliki guru bimbinganen_US
dc.description.abstractThe objective of this research is to analyze the concept of learner culture and strategy as depicted in the Book of Hilyah Thalib al-‘Ilmi by Bakr bin Abdullah Abu Zaid. The type of the research was library research, whilst the approach used was qualitative research since the research is aimed at describing and analyzing the concept of learner culture and strategy. The primary source taken as the reference was the Book of Hilyah Thalib al-‘Ilmi by Bakr bin Abdullah Abu Zaid. The data was compiled through documentation and was analyzed using descriptive analysis. The result of the research indicated that: 1) The concept of learner culture and strategy according to Bakr bin Abdullah Abu Zaid includes four attitudes. Learner attitude covers: Intention, fear of Allah, character of muru’ah (humane) and diligent. Learner attitude toward teacher covers: keeping teacher’s honor, respecting teacher and taking note of teacher’s explanation. The learner attitude on socializing includes being cautious when interacting with bad friends. Lastly, the learner scientific attitude covers: owning high goal, retaining knowledge by keeping notes, maintaining the Qur’an recitation, sharpening understanding, and begging for help from Allah. 2) Learner strategies according to Bakr bin Abdullah Abu Zaid are memorizing courses material, learning subject gradually, and having teacher to guide.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectCulture, Strategy, Learneren_US
dc.titleKONSEP ADAB DAN STRATEGI PENCARI ILMU DALAM KITAB HILYAH THALIB AL-‘ILMIen_US
dc.typeThesis SKR 014en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record