dc.contributor.advisor | HASAN, YUSUF ABDUL | |
dc.contributor.author | PUTRI, ANDIN JUHAIFAH EKA | |
dc.date.accessioned | 2019-10-03T02:47:28Z | |
dc.date.available | 2019-10-03T02:47:28Z | |
dc.date.issued | 2019-03-15 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29320 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimanakah pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan pada Prodi PAI, (2) menguraikan bagaimanakah kompetensi guru pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam, (3) mengetahui adakah pengaruh kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan terhadap kompetensi guru pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam angkatan 2015 di UMY.
Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan sampel secara random sampling 20%-25% dari populasi sebanyak 125 mahasiswa diambil 43 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, dan uji regresi linier.
Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil perhitungan dari pelaksanaan praktik pengalaman lapangan menggunakan analisis statistik deskriptif melalui aspek rpp, kepribadian, sosial serta pedagogik dan profesional, yaitu 43 mahasiswa ternyata pada aspek rencana pelaksaan pembelajaran terdapat perolehan sangat baik yaitu 91%. (2) hasil dari perhitungan kompetensi guru menggunakan analisis statistik deskriptif diperoleh dari 43 subjek ternyata pada hasil ke empat aspek pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional yang paling tinggi adalah pada aspek kepribadian yaitu sebesar 100%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikansi antara praktik pengalaman lapangan terhadap kompetensi guru pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam angkatan 2015 di UMY sebesar 67,3% hasil tersebut diperoleh dari 0,673 x 100% = 67,3%. Dan untuk mengetahui faktor lain dapat diperoleh dari 100% - 67,3% = 32,7% yaitu dari kegiatan micro teaching. | en_US |
dc.description.abstract | This research aims to: (1) find out how the implementation of Teaching Practicum (Praktik Pengalaman Lapangan-PPL) in Islamic Education Study Program, (2) elaborate the teacher competence of Islamic Education students, (3) find out if there is any influence of Teaching Practicum activity toward teacher competence on Islamic Education students Batch 2015 in UMY.
This research was descriptive quantitative. The setting chosen for this research was Universitas Muhammadiyah Yogyakarta with random sampling of 20-25% of the total respondents. There were 43 out of 125 students were chosen. The data collection technique used questionnaire and documentation as the instruments. The data were analyzed using descriptive statistic analysis and linear regression test.
The research results show that (1) the counting result of the teaching practicum implementation using descriptive statistic analysis through the aspects of lesson plan, personality, social, pedagogical, and professional as well, there are 43 students found in the aspect of lesson plan is categorized as very good that is 91%. (2) The result of the counting of teacher competence using descriptive statistic analysis finds that among four aspects of pedagogical, personality, social, and professional, 43 subjects have the highest score in the aspect of personality that is 100%. (3) There is a significant influence of teaching practicum toward the teacher competence on Islamic Education students batch 2015 in UMY that is 67.3%. It results from 0.673 x 100% = 67.3%. In addition, to find out another factor which is gained from 100% - 67.3% = 32.7% that is from micro teaching activity. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Teaching Practicum, Teacher Competence | en_US |
dc.title | PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TERHADAP KOMPETENSI GURU PADA MAHASISWA PRODI PAI ANGKATAN 2015 DI UMY | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
153 | en_US |