PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis intensitas bermain game online mahasiswa PAI UMY, (2) Menganalisis prestasi belajar mahasiswa PAI UMY, (3) Menemukan pengaruh intensitas bermain game online terhadap prestasi belajar mahasiswa PAI UMY.
Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan model regresi linier sederhana. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Fakultas Agama Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah 47 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan statistic deskriptif dan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Intensitas bermain game online mahasiswa sebanyak 47% yang mana 22 responden dengan skor kuisioner 89-95 berada pada kelompok yang tinggi (2) Prestasi belajar Mahasiswa PAI 26 mahasiswa dengan hasil persentase sebanyak 55% berada pada kelompok rendah (3) Terdapat pengaruh intensitas bermain game online terhadap prestasi belajar mahasiswa PAI yang mana intensitas bermain game online berhubungan secara negatif dengan prestasi belajar mahasiswa dengan derajat hubungan korelasi rendah. Pengaruh intensitas bermain game online terhadap prestasi belajar mahasiswa yaitu sebesar 27,2% dan 72,8% dipengaruhi oleh faktor lain