THE EFFECT OF HALAL FOODS AWARENESS ON PURCHASE DECISION WITH RELIGIOSITY AS A MODERATING VARIABLE (Case Study: Indonesian Food Consumer Lived in Yogyakarta and Thailand)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan pengaruh kesadaran makanan halal terhadap keputusan pembelian dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen Muslim di Indonesia dan Thailand. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria sampel yang dibutuhkan adalah konsumen Muslim di Indonesia dan Thailand. Jumlah sampel yang digunakan adalah 200 responden, termasuk 150 responden Indonesia dan 50 responden Thailand. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan bantuan software SPSS 23.0. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa responden memiliki kesadaran tingkat tinggi terhadap makanan halal di Indonesia dan Thailand. Kesadaran makanan halal memiliki dampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian bagi umat Islam yang tinggal di Indonesia. Kesadaran akan makanan halal memiliki dampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian bagi uman Islam yang tinggal di Thailand. Selanjutnya, tingkat religiusitas yang lebih tinggi tidak dapat memperkuat efek kesadaran makanan hala pada keputusan pembelian.