dc.contributor.advisor | AS'AD, SYARIF | |
dc.contributor.author | WIDIAYANTI, APRILIA NOVA | |
dc.date.accessioned | 2019-10-08T07:38:15Z | |
dc.date.available | 2019-10-08T07:38:15Z | |
dc.date.issued | 2019-07-08 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29481 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan
pada produk pembiayaan murabahah di BMT Barokah Padi Melati Yogyakarta
dan mengetahui penerapan prinsip dasar syariah marketing pada produk
pembiayaan murabahah di BMT Barokah Padi Melati Yogyakarta. Jenis
penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif
deskriptif dengan cara observasi langsung, metode wawancara, dan dokumentasi.
Subjek pada penelitian ini adalah marketing BMT Barokah Padi Melati
Yogyakarta. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer
dan sekunder. Teknik keabsahan data diuji dengan cara triangulasi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama strategi pemasaran yang digunakan
oleh BMT Barokah Padi Melati Yogyakarta adalah strategi bauran pemasaran atau
marketing mix. Kedua, BMT Barokah Padi Melati dari aspek teistis, etis, realistis
dan humanistis dalam pemasarannya sudah menerapkan hampir semua prinsipprinsip
dasar syariah marketing dengan baik, meskipun masih terdapat beberapa
aspek yang kurang dan diperlukan perbaikan yaitu pada aspek realistis. | en_US |
dc.description.abstract | This research aims at finding out the strategy of marketing implemented on the
murabahah financing product in BMT Barokah Padi Melati Yogyakarta and
finding out the implementation of basic principles of sharia marketing on the
murabahah financing product in BMT Barokah Padi Melati Yogyakarta. This
research was field research with descriptive qualitative method by direct
observation, interview, and documentation. The subject of the research was the
marketing division of BMT Barokah Padi Melati Yogyakarta. Meanwhile, the data
source used were primary and secondary data. The data validity technique was
tested by triangulation. The result of the research shows that firstly, the marketing
strategy used by BMT Barokah Padi Melati Yogyakarta is mix marketing.
Secondly, BMT Barokah Padi Melati Yogyakarta from the aspects of theistic,
ethics, realistic and humanistic in its marketing has already implemented almost
all basic principles of a good sharia marketing, even though there are still some
aspects that lack and need to improve such as the aspect of realistic. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | marketing strategy, sharia marketing, financing, murabahah, Baitul Maal Wat Tamwils | en_US |
dc.title | IMPLEMENTASI PRINSIP DASAR SYARIAH MARKETING PADA STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH | en_US |
dc.title.alternative | Studi Kasus BMT Barokah Padi Melati Yogyakarta | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
310 | en_US |