Show simple item record

dc.contributor.advisorKHILMIYAH, AKIF
dc.contributor.authorEL HAQ, FARIZ MUSTHAFA
dc.date.accessioned2019-10-09T06:29:22Z
dc.date.available2019-10-09T06:29:22Z
dc.date.issued2019-07-06
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29530
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kecerdasan emosional pada siswa; (2) Menganalisis kedisiplinan shalat berjamaah siswa; (3) Menemukan hubungan antara kecerdasan emosional dengan kedisiplinan shalat berjamaah pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sambit kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriftip. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan model korelasional. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 111 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive random sampling dengan jumlah keseluruhan 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Korelasi Product Moment. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kecerdasan emosional siswa kelas VII dalam kategori tinggi, yaitu sebanyak 24 responden sebesar (80%) dengan beberapa aspek sebagai berikut: mengelola emosi, mengelola emosi, mengenali emosi orang lain, motivasi diri dan membina hubungan dengan orang lain. (2) Kedisiplinan Shalat berjamaah siswa kelas VII dalam kategori tinggi, yaitu sebanyak 27 responden sebesar (90%) dengan aspek sebagai berikut: melaksanakan shalat berjamaah setiap hari, tepat waktu dalam melaksanakan shalat berjamaah, mengingatkan teman untuk shalat berjamaah, memperhatikan kerapatan shaf ketika shalat berjamaah dan berdzikir dengan berdoa setelah shalat berjamaah. (3) Terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan kedisiplina shalat berjamaah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sambit Kabupaten Ponorogo dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,050) dan nilai Coefficient (koefisien) korelasi (rxy) sebesar 0,732. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kedisiplinan shalat berjamaah, korelasi tergolong kuat. Maka dapat disimpulkan semakin tinggi kecerdasan emosional, maka semakin tinggi pula kedisipinan shalat berjamaah. Semakin tinggi kedisiplinan shalat berjamaah maka semakin tinggi pua kecerdasan emosional.en_US
dc.description.abstractThis research is aimed at: (1) analyzing emotional intelligence of students; (2) analyzing students’ discipline in performing congregational prayer; (3) finding out the correlation of emotional intelligence and congregational prayer discipline of VII grade students at SMP (junior high school) Negeri 2 Sambit Ponorogo district. This is a quantitative research with descriptive analysis approach. The research model was quantitative approach with quantitative correlation model. The total population of the research was 111 students, and 30 students were selected as the research sample through purposive random sampling. The data were collected from questionnaires, interview, observation, and document then analyzed using product moment correlation. The findings of the research show that: (1) The grade VII students’ emotional intelligence level is in high category that is as many as 24 respondents (80%) with some aspects as follow: managing emotion, knowing others’ emotion, self-motivation, and having good relation with other people. (2) The grade VII students’ discipline in performing congregational prayer is in high category that is as many as 27 respondents (90%) with some aspects as follow: performing congregational prayer every day, being on time in performing congregational prayer, reminding others to perform congregational prayer, paying attention to the shaf when performing congregational prayer, dhikr and pray after congregational prayer. (3) There is a correlation between emotional intelligence with discipline in performing congregational prayer of VII grade students at SMP Negeri 2 Sambit Ponorogo district with significance value of 0.000 (p<050) and coefficient correlation (rxy) of 0.732. There is a positive correlation between emotional intelligence and discipline in performing congregational prayer. It is concluded that the higher the emotional intelligence, the higher the discipline in performing congregational prayer. The higher the discipline in performing congregational prayer, the higher the emotional intelligence.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectEmotional intelligence, Discipline in performing congregational prayeren_US
dc.titleHUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEDISIPLINAN SHALAT BERJAMAAH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAMBIT KABUPATEN PONOROGOen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record