Show simple item record

dc.contributor.advisorAZHAR, MUHAMMAD
dc.contributor.authorMUDZAKKIR, MUDZAKKIR
dc.date.accessioned2019-10-09T06:49:20Z
dc.date.available2019-10-09T06:49:20Z
dc.date.issued2019-06-25
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29538
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk : 1) untuk mengetahui dan mengalisis metode pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah MBS Prambanan, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Muhammadiyah MBS Prambanan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data berdasarkan fakta-fakta yang ada maupun pengamatan yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Metode yang digunakan di SD Muhammadiyah MBS Prambanan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam antara lain metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode pembiasaan, metode praktek langsung, metode mengamati, metode hafalan, metode card slot, dan metode keteladanan. 2) Faktor pendudukung dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yang terdapat di SD Muhammadiyah MBS Prambanan ialah lingkungan sekolah, baik itu di lingkungan internal maupun eksternal sekolah. Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran pendidikan Islam yaitu keterbatasan media yang digunakan dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam.en_US
dc.description.abstractThis study aims l) to find out and analyze the learning methods for Islamic religious education carried out at the SD (Elementary School) Muhammadiyah MBS Prambanan, 2) to find out the supporting and inhibiting factors in implementing Islamic religious education learning methods at SD Muhammadiyah MBS Prambanan. This research uses a type of descriptive research with a qualitative approach. The data were collected through interviews, observations, and documentation. The data analysis technique was carried out in several stages, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing based on existing facts and observations that have been made. The results of this study indicate l) The method used at SD Muhammadiyah MBS Prambanan in learning Islamic religious education includes lecturing methods, question and answer method, discussion method, habituation method, direct practice method, observing method, memorization method, card slot method, and example method. 2) Supporting factors in learning Islamic religious education found at SD Muhammadiyah MBS Prambanan are the school environment, both in the internal and external environment of the school while the inhibiting factor in learning Islamic education is the limited media used in the learning process of Islamic education.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectLearning Methods, Islamic Education, and SD Muhammadiyahen_US
dc.titleMETODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH MBS PRAMBANANen_US
dc.typeThesis SKR FAI 230en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record