Show simple item record

dc.contributor.advisorMADJID, ABDUL
dc.contributor.authorKHOIRINNISA, ALFIN
dc.date.accessioned2019-10-09T07:40:06Z
dc.date.available2019-10-09T07:40:06Z
dc.date.issued2019-02-25
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29550
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam Kidung Sukma Bhagavad Gita dan Ta‘ līmul Muta‘ allim serta untuk mengetahui relevansi nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Kidung Sukma Bhagavad Gita dan Ta‘ līmul Muta‘ allim ditinjau dari perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan filosofis. Objek material kajian pustaka dengan sumber primer Kidung Sukma Bhagavad Gita dan Ta‘ līmul Muta‘ allim dan sumber sekunder buku-buku pendidikan karakter, dan buku-buku yang mendukung penelitian. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik dokumen yaitu pengambilan data dari dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis) yang meliputi membaca dan mencermati data, menganalisis data, dan mengintreprestasikan data dengan kerangka teori. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) nilai-nilai pendidikan karakter dalamTa‘ līmul Muta‘ allimdan Kidung Sukma Bhagavad Gita dibagi menjadi beberapa point, yaitu Pada Kidung Sukma Bhagavad Gita pendidikan karakter disampaikan melalui aspek kejujuran nilai kepedulian, dan nilai kreatif sementara dalam Ta‘ līmul Muta‘ allimpendidikan karakter disampaikan melalui nilai kejujuran, kepedulian, kreatif, dan nilai sehat dan bersih. 2) relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Ta‘ līmul Muta‘ allimdan Kidung Sukma Bhagavad Gita memiliki relevansi yang identik, pendidikan karakter dan pendidikan Islam merupakan bagian yang satu. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Ta‘ līmul Muta‘ allimdan Kidung Sukma Bhagavad Gita sangat cocok bila di implementasikan dalam dunia pendidikan formal di Indonesia ini karena akan membentuk suatu karakter bangsa yang berbudi luhuren_US
dc.description.abstractThis research aims at finding out the values of character building in Kidung Sukma of Bhagavad Gita and Ta'limul Muta’allim and at revealing their relevance with the values of character building contained in Kidung Sukma of Bhagavad Gita and Ta'limul Muta’allim reviewed from Islamic education perspective. This research was qualitative in nature, i.e. library research with philosophical approach. The material objects of the literature review were primary sources of Kidung Sukma of Bhagavad Gita and Ta'limul Muta’allim and secondary sources of character building books, and the books that supported the research. The data collection of the research used documentary technique, i.e. data collection from documents. This research used content analysis that included reading and observing the data, analyzing the data, and interpreting the data with theoretical framework. The results of the research show that: 1) The values of character building in Ta'limul Muta’allim and Kidung Sukma of Bhagavad Gita are divided into some points, i.e. in Kidung Sukma of Bhagavad Gita, the character building is delivered through honesty aspect, concern value, and creative value. Meanwhile, in Ta'limul Muta’allim, the character building is delivered through the values of honesty, concern, creativity, and healthy and clean values. 2) The relevance of the character building values contained in Ta'limul Muta’allim and Kidung Sukma of Bhagavad Gita has identical relevance, i.e. character building and Islamic education are two of a kind. The values of the character building contained in Ta'limul Muta’allim and Kidung Sukma of Bhagavad Gita really fit if implemented in the world of formal education in Indonesia because they would make noble character of the nationen_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectCharacter Building, Islamic Educationen_US
dc.titleNILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KIDUNG SUKMA BHAGAVAD GITA DAN TA‘ LĪMUL MUTA‘ ALLIM SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAMen_US
dc.typeThesis SKR FAI 043en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record