Show simple item record

dc.contributor.advisorARIFIANTO, BUDI DWI
dc.contributor.authorNADILA, NAILA
dc.date.accessioned2019-10-10T02:54:59Z
dc.date.available2019-10-10T02:54:59Z
dc.date.issued2018-12-26
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29574
dc.descriptionTema penelitian ini adalah tentang strategi positioning Rakosa Female Radio 105,3 FM Jogja dalam memperoleh target pendengar dari kalangan ibu rumah tangga. Penelitian ini penting dilaksanakan karena secara empiris Rakosa Female Radio 105,3 FM Jogja menargetkan kalangan ibu rumah tangga sebagai pendengar dengan persentase terbesar (35%). Sementara itu, pada tataran teoretis, kajian-kajian mengenai positioning radio dalam memperoleh target pendengar dari kalangan perempuan, khususnya ibu rumah tangga, masih minim. Oleh karena itu, rumusan masalah (pertanyaan penelitian) yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana strategi positioning Rakosa Female Radio 105,3 FM Jogja dalam memperoleh target pendengar dari kalangan ibu rumah tangga?” Perangkat teoretis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi konsep segmentasi, targetting, positioning, formatting, dan programming (STPFP), serta konsep pendengar radio sebagai audiens. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data Model Interaktif. Adapun kualitas data penelitian ini dijamin dengan dilakukannya aktivitas triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi positioning Rakosa Female Radio 105,3 FM Jogja dalam memperoleh target pendengar dari kalangan ibu rumah tangga dilakukan melalui 2 (dua) cara, yaitu: (i) aktivitas manajerial perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang berbasis pada riset, serta (ii) penetapan STPFP, di mana pada aspek segmentasi, dilakukan penilaian (sekaligus pemetaan) pendengar dari kalangan ibu rumah tangga berdasarkan kategori demografis, geografis, geodemografis, dan psikografis; pada aspek targetting, dilakukan penilaian terhadap perilaku pendengar dari kalangan ibu rumah tangga; pada aspek positioning dilakukan penilaian terhadap kesadaran pola pikir pendengar (audience mind awareness) dari kalangan ibu rumah tangga; pada aspek formatting, dilakukan penyusunan format acara yang menyasar pendengar dari kalangan ibu rumah tangga; dan pada aspek programming, dilakukan penyusunan program acara yang menargetkan pendengar dari kalangan ibu rumah tangga.en_US
dc.description.abstractThe title of this study is “The Positioning Strategy of Rakosa Female Radio 105.3 FM Jogja to Obtaining the Target Audience from the Group of Housewives”. These are empirical and theoretical backgrounds of this study. In the empirical level, Rakosa Female Radio 105.3 FM Jogja sets the group of housewives as the biggest target audience (35%). Meanwhile, at the theorical level, there are not many studies have raised the theme of radio positioning to obtaining target audiences from women, especially housewives. Therefore, the research question proposed in this study is "How is the positioning strategy of Rakosa Female Radio 105.3 FM Jogja to obtaining target audiences among housewives?" The theoretical framework used in this study include the concepts of segmentation, targeting, positioning, formatting, and programming (STPFP) and the concept of radio listeners as the audience. This study uses a type of qualitative descriptive research. The research data was collected using observation, interview, and documentation techniques. Data analysis was performed using the Interactive Model data analysis technique. The results of this study indicate that the positioning strategy of Rakosa Female Radio 105.3 FM Jogja to obtaining target audiences from the group of housewives was carried out in 2 (two) ways, that is: (i) managerial activities of planning, implementation and evaluation based on research, and (ii) the determination of STPFP, where in the segmentation aspect, an assessment (and mapping) is carried out to audience from among housewives based on demographic, geographic, geodemographic and psychographic categories; in the aspect of targeting, an assessment to audiences from the group of housewives is conducted; in the positioning aspect, it is carried out with a pattern of mind awareness from the housewives; in the aspect of the format, a format for the program targeting audiences from the group of housewives was prepared; and on the programming aspect, an event program was arranged that connected audiences from the group of housewives.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectRadio station, the positioning strategy, housewivesen_US
dc.titleSTRATEGI POSITIONING RAKOSA FEMALE RADIO 105,3 FM JOGJA DALAM MEMPEROLEH TARGET PENDENGAR DARI KALANGAN IBU RUMAH TANGGAen_US
dc.typeThesis SKR 107en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record