dc.contributor.advisor | RASYID, HARYADI ARIF NUUR | |
dc.contributor.author | NUGROHO, ABI YOGA BIMO | |
dc.date.accessioned | 2019-10-10T03:03:38Z | |
dc.date.available | 2019-10-10T03:03:38Z | |
dc.date.issued | 2019-03-11 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29577 | |
dc.description | Iklan yang dimuat dalam Surat Kabar Harian diharapkan tidak melanggar
Etika Pariwara Indonesia, agar tidak merugikan khalayak. Tujuan penelitian ini
adalah menemukan bentuk–bentuk pelanggaran, mengetahui frekuensi, serta
mendeskripsikan secara kuantitatif jenis – jenis pelanggaran dengan pedoman kitab
Etika Pariwara Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kuantitatif, Pada penelitian ini dijelaskan secara rinci jenis-jenis pelanggaran Etika
Pariwara Indonesia melalui uji reliabilitas dengan menggunkan Formula Holsty untuk
mengetahui presentase persetujuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
pelanggaran paling banyak dilakukan dalam iklan properti penggunaan kata – kata
tertentu dengan presentase 29%, dari jumlah frekuensi 239, dan pelanggaran paling
sedikit dilakukan dalam penggunaan kata hiperbolisasi dengan presentase 1% dan
jumlah frekuensi 17, dari jumlah populasi sebanyak 305 iklan properti yang dimuat
dalam Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat edisi 1 Agustus – 31 Agustus 2018. | en_US |
dc.description.abstract | The advertisements contained in the Daily Newspaper are expected not to
violate the Indonesian Pariwara Ethics, so as not to harm the public. The purpose of
this study was to find the forms of violations, to know the frequency, and to describe
quantitatively the types of violations with the guidelines of the Pariwara Ethics Book
of Indonesia. The type of research used is descriptive quantitative. In this study, the
types of violations of Pariwara Ethics in Indonesia are explained in detail through
reliability testing using the Holsty Formula to determine the percentage of approval.
The results of this study indicate that the most violations were carried out in property
advertisements using certain words with a percentage of 29%, from the number
frequency 239, and the least violations carried out in the use of the hyperbolic word
with a percentage of 1% and a frequency of 17, of a total population of 305 property
advertisements published in the edition of the Kedaulatan Rakyat Daily Newspaper 1
August - 31 August 2018. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Advertisements, Property Advertising, Ethnics, Indonesia’s Ethnic of Advertising, Kedaulatan Rakyat Daily Newspaper | en_US |
dc.title | PELANGGARAN TERHADAP KODE ETIK PERIKLANAN | en_US |
dc.title.alternative | Analisis Isi Pelanggaran Etika Pariwara Indonesia pada Iklan Properti dalam Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat, Periode 1 Agustus - 31 Agustus 2018 | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
038 | en_US |