Show simple item record

dc.contributor.advisorRASYID, HARYADI ARIF NUUR
dc.contributor.authorNUGROHO, ABI YOGA BIMO
dc.date.accessioned2019-10-10T03:03:38Z
dc.date.available2019-10-10T03:03:38Z
dc.date.issued2019-03-11
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29577
dc.descriptionIklan yang dimuat dalam Surat Kabar Harian diharapkan tidak melanggar Etika Pariwara Indonesia, agar tidak merugikan khalayak. Tujuan penelitian ini adalah menemukan bentuk–bentuk pelanggaran, mengetahui frekuensi, serta mendeskripsikan secara kuantitatif jenis – jenis pelanggaran dengan pedoman kitab Etika Pariwara Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, Pada penelitian ini dijelaskan secara rinci jenis-jenis pelanggaran Etika Pariwara Indonesia melalui uji reliabilitas dengan menggunkan Formula Holsty untuk mengetahui presentase persetujuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelanggaran paling banyak dilakukan dalam iklan properti penggunaan kata – kata tertentu dengan presentase 29%, dari jumlah frekuensi 239, dan pelanggaran paling sedikit dilakukan dalam penggunaan kata hiperbolisasi dengan presentase 1% dan jumlah frekuensi 17, dari jumlah populasi sebanyak 305 iklan properti yang dimuat dalam Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat edisi 1 Agustus – 31 Agustus 2018.en_US
dc.description.abstractThe advertisements contained in the Daily Newspaper are expected not to violate the Indonesian Pariwara Ethics, so as not to harm the public. The purpose of this study was to find the forms of violations, to know the frequency, and to describe quantitatively the types of violations with the guidelines of the Pariwara Ethics Book of Indonesia. The type of research used is descriptive quantitative. In this study, the types of violations of Pariwara Ethics in Indonesia are explained in detail through reliability testing using the Holsty Formula to determine the percentage of approval. The results of this study indicate that the most violations were carried out in property advertisements using certain words with a percentage of 29%, from the number frequency 239, and the least violations carried out in the use of the hyperbolic word with a percentage of 1% and a frequency of 17, of a total population of 305 property advertisements published in the edition of the Kedaulatan Rakyat Daily Newspaper 1 August - 31 August 2018.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectAdvertisements, Property Advertising, Ethnics, Indonesia’s Ethnic of Advertising, Kedaulatan Rakyat Daily Newspaperen_US
dc.titlePELANGGARAN TERHADAP KODE ETIK PERIKLANANen_US
dc.title.alternativeAnalisis Isi Pelanggaran Etika Pariwara Indonesia pada Iklan Properti dalam Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat, Periode 1 Agustus - 31 Agustus 2018en_US
dc.typeThesis SKR 038en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record