dc.contributor.advisor | KUSNENDAR, MUHAMMAD | |
dc.contributor.advisor | SAVANA, AZIZIA FREDA | |
dc.contributor.author | SURYADHARMA, MOHAMMAD RIDHO | |
dc.date.accessioned | 2019-10-21T03:22:21Z | |
dc.date.available | 2019-10-21T03:22:21Z | |
dc.date.issued | 2019-07-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29844 | |
dc.description | この本研究の目的はストーリーで覚える漢字300のN5 やN4 の部首
で漢字の六書をしらべているのことである。この本の注目する理由なのは
UMY の日本語教育の2018/2019の調査機関で使っているのであ
る。この研究の結果は日本語学社達に漢字のことを習って、教える為であ
る。
研究の進みの中には使っていた方法は質的の方法と記述的方法で、そ
れは良い分析の結果をもらうことために。最初は出鱈目で選ばれた40人
数UMY の日本語教育の学生に漢字の六書のことをかんさつした。
結果はストーリーで覚える漢字300という本の身中にはある135
部首を持ってる漢字を見つけた、そして六書の区別することが出来る。な
のでこんなことを注目すると大学生達は漢字と六書を勉強することが少
し簡単になれるようにある。 | en_US |
dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah guna mengetahui jenis rikusho atau teori
pembentukkan kanji apa saja yang terdapat di dalam buku mata pelajaran tentang
kanji yang berjudul Sutoori de Oboeru Kanji 300 yang digunakan oleh Program
Studi Bahasa Jepang UMY tahun ajaran 2018/2019 yang hanya terfokus pada
kanji tunggal khusus berkarakter dasar atau bushu dengan level N5 dan N4.
Dengan dilakukan penelitian ini diharapkan pemahaman teori rikusho dapat
diajarkan lebih luas sehingga mempermudah para pembelajar bahasa Jepang
dalam belajar huruf kanji.
Dalam proses penelitian, metode yang digunakan ialah metode kualitatif dan
deskriptif guna menjelaskan analisis dengan rinci agar dapat mendapatkan hasil
yang diinginkan, berawal dari survei terhadap 40 orang mahasiswa bahasa Jepang
UMY yang diambil secara acak mulai dari angkatan pertama hingga keempat
dalam survei tentang pemahaman rikusho dalam pembelajaran kanji.
Berdasarkan hasil dari analisis data dapat diketahui bahwa di dalam total 300
kanji yang terdapat pada buku Sutoori de Oboeru Kanji 300 ditemukan sebanyak
135 huruf kanji tunggal yang memiliki karakter dasar atau bushu yang dapat
dianalisis teori rikushonya dan dapat dikelompokkan ke dalam kelompok rikusho
yang sesuai, sehingga dengan mengetahui hal tersebut dapat membantu
pembelajar bahasa Jepang mengidentifikasi dan memahami huruf kanji dengan
lebih mudah guna menemukan arti yang sesuai dan membantu mereka dalam
mengingat kanji lebih mudah berdasarkan pembentukan yang ada di dalam
rikusho. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Kanji, Bushu, Rikusho | en_US |
dc.title | ANALISIS RIKUSHO PADA BUKU SUTOORI DE OBOERU KANJI 300 | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FPB
94 | en_US |