ANALISIS RIKUSHO PADA BUKU SUTOORI DE OBOERU KANJI 300
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah guna mengetahui jenis rikusho atau teori
pembentukkan kanji apa saja yang terdapat di dalam buku mata pelajaran tentang
kanji yang berjudul Sutoori de Oboeru Kanji 300 yang digunakan oleh Program
Studi Bahasa Jepang UMY tahun ajaran 2018/2019 yang hanya terfokus pada
kanji tunggal khusus berkarakter dasar atau bushu dengan level N5 dan N4.
Dengan dilakukan penelitian ini diharapkan pemahaman teori rikusho dapat
diajarkan lebih luas sehingga mempermudah para pembelajar bahasa Jepang
dalam belajar huruf kanji.
Dalam proses penelitian, metode yang digunakan ialah metode kualitatif dan
deskriptif guna menjelaskan analisis dengan rinci agar dapat mendapatkan hasil
yang diinginkan, berawal dari survei terhadap 40 orang mahasiswa bahasa Jepang
UMY yang diambil secara acak mulai dari angkatan pertama hingga keempat
dalam survei tentang pemahaman rikusho dalam pembelajaran kanji.
Berdasarkan hasil dari analisis data dapat diketahui bahwa di dalam total 300
kanji yang terdapat pada buku Sutoori de Oboeru Kanji 300 ditemukan sebanyak
135 huruf kanji tunggal yang memiliki karakter dasar atau bushu yang dapat
dianalisis teori rikushonya dan dapat dikelompokkan ke dalam kelompok rikusho
yang sesuai, sehingga dengan mengetahui hal tersebut dapat membantu
pembelajar bahasa Jepang mengidentifikasi dan memahami huruf kanji dengan
lebih mudah guna menemukan arti yang sesuai dan membantu mereka dalam
mengingat kanji lebih mudah berdasarkan pembentukan yang ada di dalam
rikusho.