SISTEM INFORMASI DESA (SID) BERBASIS E-LASTRI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA SRIMULYO, KECAMATAN PIYUNGAN, KABUPATEN BANTUL
Abstract
E-Lastri merupakan salah satu produk digital administrasi pelayanan publik yang bergunakan untuk mempermudah mengurus hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan publik di Desa Srimulyo. Untuk mengukur tingkat kberhasilan program tersebut terdapat lime indikator untuk mengukurnya yakni : Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan Publik, Kepuasan Pengguna, dan Net Benefit. Apabila lima indikator tersebut baik maka Pemerintah Desa mampu mengimplementasikannnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah memang e-Lastri dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di Desa Srimulyo. Sehingga penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni mix motode ( Kualitatif dan Kuantitif). Penelitian mix metode ini berguna untuk mengetahui hasil data yang lebih komperhensif, valid, reliable dan objektif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni kuisioner, wawancara, dokumentasi. Lokasi yang dipilih ini adalah Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul
Setelah melaksanakan penelitian dapat disimpulkan bahwa e-Lastri di Desa Srimulyo yang berguna untuk meningkat kualitas pelayanan publik masih belum bisa dikatakan berjalan dengan baik dikarenakan berdasarkan indikator yang telah diuraikan data diatas. Masih ada beberapa hal yang belum berjalan dengan baik salah satu nya yakni respon pelayanan operator e-Lastri yang masih kurang tanggap.