STRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA BANTEN UNTUK MENARIK MINAT WISATAWAN
Abstract
7 Wonders of Banten merupakan destinasi wisata unggulan yang dimiliki oleh Provinsi Banten yang sudah mencakup wisata religi, alam dan budaya. Strategi promosi digunakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten dengan menarik minat wisatawan untuk berkunjung pada destinasi 7 Wonders of Banten. Pada tahun 2018 terdapat penurunan jumlah wisatawan, serta pada akhir Desember terjadi tsunami pada salah satu destinasi wisata unggulan 7 Wonders of Banten. Adanya penurunan jumlah kunjungan wisatawan tersebut membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pada Dinas Pariwisata Provinsi Banten.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menganalisis strategi promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten untuk menarik minat kunjungan wisatawan pada destinasi wisata 7 Wonders of Banten. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan dokumentasi. Untuk lokasi penelitian dalam penelitian ini adalah Jl. Syech Nawawi, Palima, Kecamatan Serang, Sukajaya, Curug, Kota Serang, Banten 42171. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi promosi Dinas Pariwisata Provinsi Banten untuk menarik minat kunjungan wisatawan pada tahun 2018 dengan menggunakan beberapa event baik yang rutin maupun event khusus diadakan untuk menarik minat wisatawan ke Tanjung Lesung pasca tsunami. Dalam proses perencanaan, Dinas Pariwisata Provinsi Banten tidak melakukan analisis dalam menentukan target sasarannya. Dalam penggunaan media sosial dan website, Dinas Pariwisata Provinsi Banten belum optimal.