“CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT SEBAGAI SALAH SATU UPAYA KENTUCKY FRIED CHICKEN (KFC) CENTER INDONESIA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN”
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang menganalisis mengenai salah satu strategi pemasaran yaitu Customer Relationship Management. Objek penelitian ini adalah Kentucky Fried Chicken (KFC) Center Indonesia yang berada di Jakarta Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai aktivitas Customer Relationship Management sebagai salah satu upaya Kentucky Fried Chicken Center Indonesia dalam meningkatkan jumlah penjualan.
Metode Penelitian yang dipakai penulis adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah Interview (wawancara) dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk uji validitas pada penelitian ini yaitu dengan teknik triangulasi sumber (data).
Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya KFC Center Indonesia dalam meningkatkan jumlah penjualan setiap tahunnya adalah dengan strategi Customer Relationship Management (CRM). Adapun program CRM yang dibuat KFC Center Indonesia adalah Guest Experience Survey (GES) dan Customer Maniac. Pelaksanaan GES diawali dengan menyiapkan sistem GES, kemudian divisi marketing mulai melakukan analisis data, selanjutnya merespond berbagai keluhan yang masuk pada sistem GES, terakhir adalah evaluasi dan monitoring. Sedangkan untuk tahapan program Customer Maniac diawali dengan menganalisis trend makanan yang sedang berlangsung, melakukan pendataan customer melalui strategi koloneling, menganalisis data customer, kemudian merancang program Customer Maniac (menentukan waktu pelaksanaan, produk yang akan masuk daftar program, dan media publikasi), tahap terakhir yaitu divisi marketing KFC Center Indonesia mengkoordinasikan program yang telah dirancang kepada restaurant manager yang ada di seluruh gerai KFC Indonesia.