STRATEGI PROMOSI PASAR KEBON WATU GEDE MAGELANG DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG TAHUN 2018-2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi promosi pasar kebon watu gede magelang dalam meningkatkan jumlah pengunjung tahun 2018- 2019 dan mengetahui tanggapan konsumen terhadap strategi promosiyang dilakukan Pasar Kebon Watu Gede Magelang. Pada penelitian ini, metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskirptif kualitatif.Data yang digunakan peneliti di dapatkan dari dokumentasi dan wawancara mendalam dengan team pengelola Pasar Kebon Watu Gede Magelang.Pemilihan informan sebagai sumber data dalam penelitian ini berdasarkan pada asas subyek yang menguasai permasalahan, memiliki data dan bersedia memberikan informasi yang lengkap dan akurat. Informan yang di dapatkan dengan teknik purposif sampling. Dengan mengembangkan komunikasi yang efektif maka diperlukan suatu program delapan langkah.
Hasil dari penelitian ini adalah Pasar Kebon Watu Gede tidak melaksanakan semua langkah untuk mengembangkan komunikasi yang efektif dan strategi promosi yang dilakukan juga belum maksimal karena hanya mengandalkan sosial media saja tanpa adanya evaluasi untuk strategi promosinya menyebabkan Pasar Kebon Watu Gede tidak akan tahu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari strategi promosinya dan apakah yang direncanakan telah berjalan sesuai yang diharapkan atau tidak.