TINGKAT KREDIBILITAS INFORMASI AKUN INSTAGRAM TRIBUNJOGJA PADA MAHASISWA DI YOGYAKARTA PADA TAHUN 2019.
Abstract
Media sosial kini telah digunakan untuk penyampaian berita, salah satunya adalah media sosial Instagram. Akun resmi portal berita ternama dari media besar yaitu Tribunnews. Kemudian, mereka memiliki cabang koran di Yogyakarta. Akun instagramnya bernama “Tribunjogja”. Sebelum memasuki instagram, mereka berbentuk media koran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif deskriptif untuk menemukan kredibilitas media berita online di akun instagram Tribunjogja. Sampel dalam penelitian ini pengikut instagram Tribunjogja. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, dilanjutkan rumus rata-rata, nilai tengah, dan nilai yang sering muncul. Peneliti menggunakan Convenience Sampling kepada 400 responden. Teknik pengukuran menggunakan skala likert dari 1 (sangat tidak setuju) hingga 5 (sangat setuju). Konsep Kredibilitas media online menggunakan konsep used Bruce Garrison, Michael B. Salwen, dan Paul D. Driscoll (2005). Dimana konsepnya memiliki 11 indikator yaitu trustworthy, believable, balanced, report the whole story, fair, accurate, timely, current, up-to-date, biased, and objective. Hasil penelitian mengindikasikan semua item valid menggunakan uji tes CFA dan realibilitas menggunakan Alpha Cronbach. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dimensi Trustworthiness memiliki rata-rata dimensi paling unggul dengan rata-rata 4,2760. Hipotesis menggunakan uji one sample t test. Hipotesis pertama, hasilnya < 0,05, artinya asumsi hipotesis terdapat tingkat nilai kredibilitas yang tinggi informasi akun instagram Tribunjogja pada pengguna Mahasiswa di Yogyakarta diterima. Hipotesis kedua hasilnya > 0,05 artinya asumsi hipotesis tidak terdapat perbedaan rata-rata secara signifikan antara dimensi trustworthy, currency, dan bias dalam kredibilitas informasi akun instagram Tribunjogja pada pengguna mahasiswa di Yogyakarta dapat diterima