View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      TINGKAT KREDIBILITAS INFORMASI AKUN INSTAGRAM TRIBUNJOGJA PADA MAHASISWA DI YOGYAKARTA PADA TAHUN 2019.

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (106.1Kb)
      HALAMAN JUDUL (402.8Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (59.64Kb)
      ABSTRAK (157.5Kb)
      BAB I (922.4Kb)
      BAB II (264.2Kb)
      BAB III (805.1Kb)
      BAB IV (92.76Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (235.4Kb)
      LAMPIRAN (2.161Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (617.7Kb)
      Date
      2019
      Author
      PUTRI, DHIRAMATRI ANINDINA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Media sosial kini telah digunakan untuk penyampaian berita, salah satunya adalah media sosial Instagram. Akun resmi portal berita ternama dari media besar yaitu Tribunnews. Kemudian, mereka memiliki cabang koran di Yogyakarta. Akun instagramnya bernama “Tribunjogja”. Sebelum memasuki instagram, mereka berbentuk media koran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif deskriptif untuk menemukan kredibilitas media berita online di akun instagram Tribunjogja. Sampel dalam penelitian ini pengikut instagram Tribunjogja. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, dilanjutkan rumus rata-rata, nilai tengah, dan nilai yang sering muncul. Peneliti menggunakan Convenience Sampling kepada 400 responden. Teknik pengukuran menggunakan skala likert dari 1 (sangat tidak setuju) hingga 5 (sangat setuju). Konsep Kredibilitas media online menggunakan konsep used Bruce Garrison, Michael B. Salwen, dan Paul D. Driscoll (2005). Dimana konsepnya memiliki 11 indikator yaitu trustworthy, believable, balanced, report the whole story, fair, accurate, timely, current, up-to-date, biased, and objective. Hasil penelitian mengindikasikan semua item valid menggunakan uji tes CFA dan realibilitas menggunakan Alpha Cronbach. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dimensi Trustworthiness memiliki rata-rata dimensi paling unggul dengan rata-rata 4,2760. Hipotesis menggunakan uji one sample t test. Hipotesis pertama, hasilnya < 0,05, artinya asumsi hipotesis terdapat tingkat nilai kredibilitas yang tinggi informasi akun instagram Tribunjogja pada pengguna Mahasiswa di Yogyakarta diterima. Hipotesis kedua hasilnya > 0,05 artinya asumsi hipotesis tidak terdapat perbedaan rata-rata secara signifikan antara dimensi trustworthy, currency, dan bias dalam kredibilitas informasi akun instagram Tribunjogja pada pengguna mahasiswa di Yogyakarta dapat diterima
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30134
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV