PERILAKU BERMEDIA SOSIAL DALAM FANDOM KPOP
Abstract
Salah satu produk budaya populer yang selalu berhasil menempati trending topic di setiap platform media sosial saat ini adalah Korean Pop atau Kpop dan media sosial populer seperti instagram menjadi sarana bagi fandom untuk mendukung idolanya. Monsta X merupakan boygroup Korea yang mulai terkenal secara global berkat fandom-nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku fanatisme Shipper dalam Fandom Monbebe Indonesia dalam melakukan aktivitasnya di Instagram.
Penelitian ini menggunakan metode etnografi virtual. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan metode etnografi virtual yaitu dengan cara melakukan observasi partisipan dan wawancara secara online. Teknik validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan perilaku fanatisme fans yang menganut shipping culture dengan perilaku bermedia sosialnya di instagram. Shipping culture yang menurut para informan adalah salah satu aktivitas normal dalam fandom. Informan tidak hanya mengonsumsi tetapi juga memproduksi konten dan menghabiskan sebagian besar waktunya bermedia sosial untuk bertukar informasi mengenai pairing yang disukainya. Konsumsi media sosial yang dilakukan oleh shipper boygroup Monsta X menunjukkan perilaku fanatisme sebagai penggemar. Aktivitas bermedia sosial shipper tidak hanya mengonsumsi konten dan informasi mengenai shipping, sebagai pemilik fanaccount mereka secara aktif memproduksi konten dan menunjukkan dukungannya kepada Monsta X. Mereka juga mengonsumsi barang seperti pernak-pernik merchandise official yang berhubungan dengan pairing-nya.