Show simple item record

dc.contributor.advisorPURBOHADI, DWIJOKO
dc.contributor.advisorSETIAWAN, ASEP
dc.contributor.authorNABILA, NISA
dc.date.accessioned2019-10-31T06:52:06Z
dc.date.available2019-10-31T06:52:06Z
dc.date.issued2019-10-24
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30220
dc.descriptionAl-qur’an adalah wahyu allah subhanahu wata’ala yang diturunkan kepada nabi muhammad shallahu ‘alaihi wassalam Sebagai pedoman hidup umat manusia, salah satu kewajiban setiap umat muslim adalah membaca Al-qu’an. pada saat ini hafalan al-qur’an mulai populer disekolah. Pembelajaran hafalan saat ini dilakukan satu guru satu siswa yang disebut dengan setoran, namun jumlah guru dan jumlah siswa saat ini tidaklah seimbang dikarenakan jumlah murid yang telalu banyak, akibatnya tidak semua sekolah mampu menyelenggarakan program hafalan Al- Qur’an. Kondisi ini menyebabkan program hafalan tidak dapat berkembang secara baik disekolah, terutama sekolah negeri. Salah satu cara supaya setiap guru hafalan dapat meningkat jumlah siswa yang dibimbingnya. Pada prinsipnya tujuan pengembangan sistem ini supaya kegiatan hafalan mudah dilaksanakan. Para guru dapat memberi tugas kepada siswa untuk menghafal sendiri dirumah, cara seperti ini sangat mudah dilakukan. Namun kelemahan utama sistem ini adalah guru sulit untuk memonitoring sejauh mana siswa melakukan hafalan Al-qur’an. Dalam penelitian ini dikembangkan aplikasi sistem monitoring penghafalan Al-qur’an berbasis android. Aplikasi dapat memantau kapan siswa menghafal, cuplikan suara hafalan, dan sampai mana hafalan siswa. Aplikasi yang dikembangkan sangan memudahkan guru untuk memonitoring hafalan siswa dimana pun dan kapan pun. Kesimpulan dari hasil pembangunan dan pengujian aplikasi adalah siswa lebih aktif menghafal Al-qur’an dan penilaian hafalan jauh lebih efektif, sekaligus dapat menunjukkan cara pembelajaran yang lebih menarik.en_US
dc.description.abstractAl-Qur'an is the revelation of Allah Subhanahu Wata'ala which was revealed to the prophet Muhammad Suleiman aih alaihi wassalam As a guideline for human life, one of the obligations of every Muslim is to read Al-Qur'an. at this time al-Qur'an memorization became popular at school. Memorizing learning is currently done by one teacher called a deposit, but the number of teachers and the number of students at this time is not balanced because the number of students is too many, as a result, not all schools are able to hold Al-Qur'an memorization programs. This condition causes the rote program to not be able to develop properly in schools, especially public schools. One way for each rote teacher to increase is the number of students he mentions. In principle, the purpose of developing this system is to make memorizing activities easier to implement. Teachers can assign students the task of memorizing themselves at home, this method is very easy to do. But the main weakness of this system is that it is difficult for teachers to monitor the extent to which students do memorize Al-Qur'an. In this study, an android-based Al-Qur'an memorization monitoring system was developed. The application can monitor when students memorize, memorize sound footage, and where to memorize students. The application developed is easy for teachers to monitor student memorization wherever and whenever. The conclusion from the results of the development and testing of the application is that students are more active in memorizing Al-Qur'an and the assessment of memorization is far more effective while being able to show more interesting ways of learning.en_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectAl-Qur’an, mobile learning, learning monitoringen_US
dc.titlePENGEMBANGAN SISTEM MONITORING HAFALAN AL-QUR’AN BERBASIS ANDROIDen_US
dc.typeThesis SKR FT 449en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record