Show simple item record

dc.contributor.advisorKHILMIYAH, AKIF
dc.contributor.authorDZIKRIWATI, LINTANG KHOIRI
dc.date.accessioned2019-11-12T05:58:17Z
dc.date.available2019-11-12T05:58:17Z
dc.date.issued2019-10-09
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30332
dc.description.abstractPeneitian ini bertujuan untuk mengevaluasi guru TPA Al- Muttaqun Kebondalem Kidul Prambanan Klaten. Sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola kelas, Sejauhmana tingkat kreativitas guru dalam mengelola kelas, hambatan kreativitas guru dalam mengelola kelas, dan strategi yang dilakukan dalam meningkatkan kretivitas guru dalam mengelola kelas di TPA Al- Muttaqun Kebondalem Kidul Prambanan Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix mehod. Subjek pada penelitian ini yaitu guru TPA Al- Muttaqun. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dengan menggunakan prosentase statistik deskripstif, serta analisis data kualitatif menggunakan teori miles & huberman, yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1.) Kemampuan Guru dalam mengelola kelas masuk dalam kategori kurang, dimana Guru pengampu belum menciptakan pembelajaran yang kondusif. (2.) Tingkat kreativitas Guru dalam mengelola kelas masuk dalam kategori sedang yaitu pada aspek menciptakan kelas yang merangsang pembelajaran kreatif. (3.) Hambatan kreativitas Guru dalam mengelola kelas yaitu Guru TPA Al- Muttaqun bukan dari lulusan tarbiyah/pendidikan sehingga Guru mengalami kesulitan dalam mengajar/ mengelola kelas, seperti pemilihan model & metode pembelajaran, pengaturan fisik kelas, pemecahan suatu masalah dikelas, kesulitan dalam penyampaian materi pembelajaran (4.) Strategi Guru dalam meningkatkan kreativitas dalam mengelola kelas yaitu dengan menambah wawasan dan pengetahuan dari youtube/ searching google yang berhubungan dengan dunia pendidikan misalnya cara menciptakan suasana kelas yang kondusif, menciptakan suatu pembelajaran yang aktif dan kreatifen_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectKreativitas Guru TPA, pengelolaan Kelasen_US
dc.titleEVALUASI TINGKAT KREATIVITAS GURU TPA DALAM PENGELOLAAN KELAS DI TPA AL- MUTTAQUN KEBONDALEM KIDUL PRAMBANAN KLATENen_US
dc.typeThesis SKR 257en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record