EVALUASI TINGKAT KREATIVITAS GURU TPA DALAM PENGELOLAAN KELAS DI TPA AL- MUTTAQUN KEBONDALEM KIDUL PRAMBANAN KLATEN
Abstract
Peneitian ini bertujuan untuk mengevaluasi guru TPA Al- Muttaqun
Kebondalem Kidul Prambanan Klaten. Sedangkan secara khusus penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola kelas, Sejauhmana
tingkat kreativitas guru dalam mengelola kelas, hambatan kreativitas guru dalam
mengelola kelas, dan strategi yang dilakukan dalam meningkatkan kretivitas guru
dalam mengelola kelas di TPA Al- Muttaqun Kebondalem Kidul Prambanan Klaten.
Penelitian ini menggunakan pendekatan mix mehod. Subjek pada penelitian
ini yaitu guru TPA Al- Muttaqun. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dengan
menggunakan prosentase statistik deskripstif, serta analisis data kualitatif
menggunakan teori miles & huberman, yang meliputi: pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1.) Kemampuan Guru dalam mengelola
kelas masuk dalam kategori kurang, dimana Guru pengampu belum menciptakan
pembelajaran yang kondusif. (2.) Tingkat kreativitas Guru dalam mengelola kelas
masuk dalam kategori sedang yaitu pada aspek menciptakan kelas yang merangsang
pembelajaran kreatif. (3.) Hambatan kreativitas Guru dalam mengelola kelas yaitu
Guru TPA Al- Muttaqun bukan dari lulusan tarbiyah/pendidikan sehingga Guru
mengalami kesulitan dalam mengajar/ mengelola kelas, seperti pemilihan model &
metode pembelajaran, pengaturan fisik kelas, pemecahan suatu masalah dikelas,
kesulitan dalam penyampaian materi pembelajaran (4.) Strategi Guru dalam
meningkatkan kreativitas dalam mengelola kelas yaitu dengan menambah wawasan
dan pengetahuan dari youtube/ searching google yang berhubungan dengan dunia
pendidikan misalnya cara menciptakan suasana kelas yang kondusif, menciptakan
suatu pembelajaran yang aktif dan kreatif