Show simple item record

dc.contributor.advisorIMAN, MARSUDI
dc.contributor.advisorFAUZAN, ARIS
dc.contributor.authorALMAZYAD, SULTAN ZEAD F.
dc.date.accessioned2019-11-15T07:21:30Z
dc.date.available2019-11-15T07:21:30Z
dc.date.issued2019-02-15
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30463
dc.descriptionYang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana metode dan hasil dari pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 15 Kota Sukabumi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan metode dan hasil pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 15 Kota Sukabumi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 15 Kota Sukabumi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, (observasi) wawancara mendalam, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, selanjutnya dianalisis dengan konsep analisa data mengalir, yakni konsep analisa yang terdiri atas langkah-langkah reduksi, penyajian data, verifikasi dan pengambilan kesimpulan. Selain itu, pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber ganda dan triangulasi metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode Guru PAI dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMP Negeri 15 Kota Sukabumi adalah: a) melalui metode contoh teladan, b) membiasakan yang baik, c) metode nasihat, d) memberi perhatian khusus, e) memberi hukuman, dan f) metode cerita. (2) Hasil dari metode pembinaan akhlak siswa tersebut adalah a) Meningkatkan siswa terbiasa mengucap salam dan bersalaman setiap bertemu guru, b) Meningkatkan siswa mentaati perintah guru dan tata tertib sekolah, c) Meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mengikuti program kegiatan-kegiatan keagamaan, baik di sekolah maupun di masyarakat, d) Meningkatkan pembiasaan sikap menghargai orang lain. Kata Kunci: Pembinaan Akhlak Siswaen_US
dc.description.abstractThe problem with this research is how the methods and results of the moral development of students in SMP Negeri 15 Kota Sukabumi. This study aims to describe the method and results of the moral development of students in Sukabumi City 15 Public Middle School. This research is a qualitative research, taking the background of Sukabumi City 15 Middle School. Data collection is done by conducting observations, (observations) in-depth interviews, and documentation. After the data is obtained, then it is analyzed with the concept of flowing data analysis, namely the concept of analysis which consists of steps of reduction, data presentation, verification and conclusion. In addition, checking the validity of the data is done by multiple source triangulation and multiple method triangulation. The results of the study show that: (1) the PAI Teacher Method in Student Moral Development in Sukabumi City 15 Public Middle School is: a) through exemplary example method, b) good practice, c) advice method, d) giving special attention, e) giving punishment, and f) story method. (2) The results of the student's moral coaching method are a) Increasing students accustomed to saying greetings and shaking hands to meet the teacher, b) Increasing students obeying the teacher's orders and school discipline, c) Improving student discipline in participating in religious activities, both at school and in the community, d) Improve the habit of respecting others.en_US
dc.publisherMAGISTER STUDI ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectStudent Moral Developmenten_US
dc.titleMETODE GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMP NEGERI 15 KOTA SUKABUMIen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record