dc.contributor.advisor | WIDODO, WAHYU | |
dc.contributor.author | RUKHYAT, MOCH. ZEIN | |
dc.date.accessioned | 2019-11-21T02:06:28Z | |
dc.date.available | 2019-11-21T02:06:28Z | |
dc.date.issued | 2019-10-30 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30510 | |
dc.description | Yogyakarta yaitu beurpa Bus Trans Jogja yang cakupan wilayahnya dalam kota
Yogyakarta dan berkembang melalui akses publik untuk memasuki kota
Yogyakarta. Masalah transportasi yang semakin berkembang khususnya Trans
Jogja rute 6B yang baru saja dua tahun beroperasi masih memiliki masalah kinerja
dan pelayanan yang harus di perbaiki serta tarif yang masih harus di evaluasi agar
tidak merugikan pengelola dan dapat diminati oleh masyarakat luas. Terkait
dengan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi
kinerja dan tarif pada Trans Jogja 6B dengan menggunakan metode survei
dinamis dan statis, wawancara dan kuisioner yang melibatkan pengguna serta
pegawai Trans Jogja 6B. Banyaknya populasi menyebabkan sampel yang
digunakan sebnyak 50 responden untuk pengguna Trans Jogja 6B dengan lima
variabel (5x) berbeda untuk mengetahui hasil kinerja dan tarif berdasar karakter
pengguna. Selanjutnya dari hasil analisis diperoleh indikator pelayanan: 1) Load
Factor rata-rata sebesar (9,36%); 2) Headway rata-rata 24,42 menit; 3) Kecepatan
rata-rata sebesar 33,36 km/jam; 4) Waktu tempuh rata-rata sebesar 48,10 menit.
Untuk tarif mayoritas pengguna memilih Rp.5.500 adalah perempuan (60%),
rentang usia 21-30 tahun (76%), pekerjaan mahasiswa (60%), pendapatan
Rp.500.000-Rp.1.500.000 (54%) dengan rata-rata perjalanan 1-5 kali dalam
seminggu (62%). Keseluruhan hasil evaluasi kinerja dan tarif Trans Jogja 6B
masih di bawah standar yang ditetapkan, namun demikian beradasrkan wawancara
pengguna cukup merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. | en_US |
dc.description.abstract | namely the Trans Jogja Bus, which covers the area within Yogyakarta and
develops through public access to enter the city of Yogyakarta. Transportation
problems are growing, especially Trans Jogja route 6B, which has only been
operating for two years, still has performance and service issues that must be
improved and tariffs that must be evaluated so as not to disadvantage the
manager and can be sought by the wider community. Related to this problem, this
study aims to determine the results of performance and tariff evaluation on Trans
Jogja 6B by using dynamic and static survey methods, interviews and
questionnaires involving users and employees of Trans Jogja 6B. The large
population causes the sample used by 50 respondents for Trans Jogja 6B users
with five different variables (5x) to find out the results of performance and rates
based on the user's character. Furthermore, the results of the analysis obtained
service indicators: 1) Load Factor an average of (9.36%); 2) The average
headway is 24.42 minutes; 3) The average speed is 33.36 km / hour; 4) The
average travel time is 48.10 minutes. For the tariff of the majority of users
choosing Rp.5,500 are women (60%), age range 21-30 years (76%), student work
(60%), income Rp.500,000-Rp.1,500,000 (54%) with an average travel averages
1-5 times a week (62%). The overall results of the performance evaluation and
Trans Jogja 6B tariffs are still below the established standards, however, based
on interviews, users are quite satisfied with the services provided. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | public transport, public transport performance, public transport fares, characteristics of public transport users | en_US |
dc.title | EVALUASI KINERJA DAN TARIF ANGKUTAN UMUM PADA BUS TRANS JOGJA JALUR 6B | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FT
383 | en_US |