Show simple item record

dc.contributor.advisorWIDODO, WAHYU
dc.contributor.authorRUKHYAT, MOCH. ZEIN
dc.date.accessioned2019-11-21T02:06:28Z
dc.date.available2019-11-21T02:06:28Z
dc.date.issued2019-10-30
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30510
dc.descriptionYogyakarta yaitu beurpa Bus Trans Jogja yang cakupan wilayahnya dalam kota Yogyakarta dan berkembang melalui akses publik untuk memasuki kota Yogyakarta. Masalah transportasi yang semakin berkembang khususnya Trans Jogja rute 6B yang baru saja dua tahun beroperasi masih memiliki masalah kinerja dan pelayanan yang harus di perbaiki serta tarif yang masih harus di evaluasi agar tidak merugikan pengelola dan dapat diminati oleh masyarakat luas. Terkait dengan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi kinerja dan tarif pada Trans Jogja 6B dengan menggunakan metode survei dinamis dan statis, wawancara dan kuisioner yang melibatkan pengguna serta pegawai Trans Jogja 6B. Banyaknya populasi menyebabkan sampel yang digunakan sebnyak 50 responden untuk pengguna Trans Jogja 6B dengan lima variabel (5x) berbeda untuk mengetahui hasil kinerja dan tarif berdasar karakter pengguna. Selanjutnya dari hasil analisis diperoleh indikator pelayanan: 1) Load Factor rata-rata sebesar (9,36%); 2) Headway rata-rata 24,42 menit; 3) Kecepatan rata-rata sebesar 33,36 km/jam; 4) Waktu tempuh rata-rata sebesar 48,10 menit. Untuk tarif mayoritas pengguna memilih Rp.5.500 adalah perempuan (60%), rentang usia 21-30 tahun (76%), pekerjaan mahasiswa (60%), pendapatan Rp.500.000-Rp.1.500.000 (54%) dengan rata-rata perjalanan 1-5 kali dalam seminggu (62%). Keseluruhan hasil evaluasi kinerja dan tarif Trans Jogja 6B masih di bawah standar yang ditetapkan, namun demikian beradasrkan wawancara pengguna cukup merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.en_US
dc.description.abstractnamely the Trans Jogja Bus, which covers the area within Yogyakarta and develops through public access to enter the city of Yogyakarta. Transportation problems are growing, especially Trans Jogja route 6B, which has only been operating for two years, still has performance and service issues that must be improved and tariffs that must be evaluated so as not to disadvantage the manager and can be sought by the wider community. Related to this problem, this study aims to determine the results of performance and tariff evaluation on Trans Jogja 6B by using dynamic and static survey methods, interviews and questionnaires involving users and employees of Trans Jogja 6B. The large population causes the sample used by 50 respondents for Trans Jogja 6B users with five different variables (5x) to find out the results of performance and rates based on the user's character. Furthermore, the results of the analysis obtained service indicators: 1) Load Factor an average of (9.36%); 2) The average headway is 24.42 minutes; 3) The average speed is 33.36 km / hour; 4) The average travel time is 48.10 minutes. For the tariff of the majority of users choosing Rp.5,500 are women (60%), age range 21-30 years (76%), student work (60%), income Rp.500,000-Rp.1,500,000 (54%) with an average travel averages 1-5 times a week (62%). The overall results of the performance evaluation and Trans Jogja 6B tariffs are still below the established standards, however, based on interviews, users are quite satisfied with the services provided.en_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectpublic transport, public transport performance, public transport fares, characteristics of public transport usersen_US
dc.titleEVALUASI KINERJA DAN TARIF ANGKUTAN UMUM PADA BUS TRANS JOGJA JALUR 6Ben_US
dc.typeThesis SKR FT 383en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record