dc.contributor.advisor | MAHMUDAH, NOOR | |
dc.contributor.author | WICAKSONO, GILANG WIDI | |
dc.date.accessioned | 2019-11-21T02:12:26Z | |
dc.date.available | 2019-11-21T02:12:26Z | |
dc.date.issued | 2019-10-22 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30511 | |
dc.description | Yogyakarta sebagai kota pelajar dan tujuan wisata memberikan pengaruh
yang besar bagi peningkatan kendaraan yang berdampak pada tingginya
kecelakaan lalulintas. Jalan Kyai Mojo Yogyakarta terbagi menjadi 2 segmen,
segmen 1 terdiri dari 4/2D dan segmen 2 terdiri dari 2/2UD. Penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasi jenis potensi kecelakaan lalulintas di jalan Kyai
Mojo, menganalisis hubungan rasio volume kapasitas jalan dengan kecepatan
kendaraan, serta menganalisis hubungan rasio volume kapasitas jalan dengan
potensi kecelakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara survei, dan analisis
regresi linier untuk mencari hubungan antar variabel dengan aplikasi Microsoft
Office Excel. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa jenis potensi kecalakaan
lalulintas yaitu pad segmen 1 sisi utara tertinggi pada tabrak depan – samping,
pada persimpangan jalan Tentara Rakyat Mataram tertinggi pada tabrak depan –
depan dan pada segmen 2 tertinggi pada tabrak depan – belakang. Hubungan
rasio volume kapasitas jalan berpengaruh terhadap kecepatan kendaraan yang
menghasilkan persamaan regresi linier. Pada segmen 1 sisi selatan menghasilkan
persamaan y = -64,279x + 62,445 dengan nilai R² sebesar 0,9611, dan segmen 1
sisi utara mendapatkan persamaan y = -60,421x + 61,766 dengan nilai R² sebesar
0,7512. Adapun segmen 2 dengan persamaan y = -35,846x + 50,905 dengan nilai
R² sebesar 0,6299. Artinya bahwa semakin tinggi rasio volume kapasitas jalan
maka kecepatan kendaraan semakin rendah. Sedangkan hubungan rasio volume
kapasitas jalan terhadap potensi kecelakaan menggunakan persamaan non linier
yang menghasilkan grafik polinomial. Dari ketiga grafik didapatkan nilai
kecelakaan paling tinggi terjadi pada V/C antara 0,5 – 0,7, dengan persamaan
segmen 1 sisi utara adalah y = -1211,4x2 + 1412,3x –182,51 dengan nilai sebesar
R² = 0,7895. Persimpangan Jalan Tentara Rakyat Mataram dengan persamaan y =
-1103,7x2 + 1131x – 183,95 dengan nilai R² = 0,8788, sedangkan pada segmen 2
dengan persamaan y = -999,26x2 + 1194,7x – 133,85 dengan nilai R² sebesar
0,6438 | en_US |
dc.description.abstract | Yogyakarta, as a city of student and tourism destination, gives a huge
impact on the increasing number of vehicles that turns out the high number of
road’s accident. Kyai Mojo Street is divided into two segments; the first segment
consists of 4/2D, and the second segment consists of 2/2UD. This research aims to
Identify potential types of traffic accidents on Kyai Mojo street. to analyze the
correlation of volume ratio and road capacity toward vehicle’s speed, and to
analyze the correlation of volume ratio and road capacity toward accident
probability. Data were collected by survey, linear regression analysis to figure
out the correlation of each variable by using Microsoft Office Excel application.
The result shows that the type of potential traffic accident is pad segment 1 north
side highest on front - side crash, at the highest intersection of the Mataram
People's Army on front - front hit and on segment 2 highest on front - back crash.
The result shows that the correlation between volume ratio and road capacity
effects to vehicle’s speed, which is shown by the linear regression equation. On
segment 1, south side, with equation y = -64,279x + 62,445 with R² equals to
0,9611, on segment 1, north side with equation y = -35,846x + 50,905 with R²
equals to 0,6299. It means that the higher the road capacity volume, the less the
level of accident. While the correlation of road capacity volume ratio toward the
potency of the accident using non-linear equation results in a polynomial graphic.
Based on 3 graphics, the highest score was V/C between 0,5 – 0,7, with equation
of segment 1 north side about y = -1211,4x2+1412,3x-182,51 with R2 equals to
0,7895. On intersection of Tentara Rakyat Mataram Street with equation y = -
1103,7x2 + 1131x – 183,95 within R² = 0,8788, and segment 2 with equation y =
-999,26x2 + 1194,7x – 133,85 with R² equals to 0,6438 | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Accident, Capacity Ratio, Potentual Accidents, Volume and Yogyakarta Kyai Mojo Road. | en_US |
dc.title | ANALISIS HUBUNGAN RASIO VOLUME DAN KAPASITAS JALAN DENGAN POTENSI KECELAKAAN DI RUAS JALAN KYAI MOJO YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FT
351 | en_US |