ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN PADA ERA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI RUMAH SAKIT SWASTA DAERAH SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
JKN merupakan program pemerintah untuk menjamin kesehatan masyarakat secara menyeluruh. Pada era JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) ini pasien mempunyai tingkat harapan yang tinggi khususnya pada pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap layanan kesehatan di Rumah Sakit Swasta Daerah Sleman Yogyakarta dan untuk mengetahui pada item mana pasien tidak merasa puas terhadap pelayanan kefarmasia di Rumah Sakit Swasta Daerah Sleman Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif non-eksperimental dengan pendekatan cross sectional. Responden pada penelitian ini berjumlah 110 orang diperoleh dengan purposive sampling. Pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah item pernyataan sebanyak 30 item kepuasan dan 30 item harapan yang ditinjau dari 5 dimensi meliputi dimensi keandalan, dimensi daya tanggap, dimensi kepastian, dimensi empati dan dimensi berwujud. Hasil dari penelitian ini adalah dimensi keandalan sebesar 90,7%, dimensi daya tanggap sebesar 90,15%, dimensi kepastian sebesar 89,29%, dimensi empati sebesar 85,48%, dan dimensi berwujud sebesar 83,68%. Untuk nilai rata-rata tingkat kepuasan keseluruhan sebesar 87,86%. Berdasarkan nilai tingkat kesesuaian tersebut pasien rawat jalan pengguna JKN di Rumah Sakit Swasta Daerah Sleman Yogyakarta sudah merasa sangat puas dengan pelayanan kefarmasian