PENGEMBANGAN PRODUK WAKAF HASANAH SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT NASABAH DALAM MELAKUKAN WAKAF PADA BNI SYARIAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan produk wakaf
hasanah dan meningkatkan minat nasabah dalam melakukan wakaf pada BNI
Syariah KCP Selong. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yang
menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan 7 informan.
Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data dan conclution
drawing/ verivication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan
wakaf hasanah di Bank BNI Syariah telah diterapkan sejak tahun 2017 yang
melibatkan pihak bank dan pihak nasabah atau wakif. Penerapan produk ini hanya
membutuhkan sebuah aplikasi atau website yang dapat digunakan oleh nasabah
untuk melakukan wakaf secara mandiri. Proses dalam melakukan wakaf hasanah
dapat dilakukan dengan dua cara yaitu melalui aplikasi atau website dan melalui
ATM. Proses selanjutnya nasabah cukup meletakkan nomor virtual account yang
telah dilakukan untuk dapat diverifikasi. Pengembangan produk wakaf hasanah ini
juga memiliki pengaruh yang baik terhadap peningkatan wakif