View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Government Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Government Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI POLITICAL MARKETING MUHAMMAD AFNAN HADIKUSUMO DALAM PEMILIHAN UMUM ANGGOTA DPD RI 2014 DAPIL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (94.85Kb)
      HALAMAN JUDUL (217.0Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (171.2Kb)
      INTISARI (30.32Kb)
      BAB I (267.1Kb)
      BAB II (321.3Kb)
      BAB III (1.078Mb)
      BAB IV (329.4Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (273.1Kb)
      LAMPIRAN (339.0Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (441.3Kb)
      Date
      2019
      Author
      OKTARI, YOGI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Political marketing merupakan strategi yang dipakai oleh kandidat atau partai politik dalam kegiatan kampanye yang bertujuan untuk mempengaruhi pemilih saat pemilu. Strategi ini digunakan oleh Afnan Hadikusumo sebagai alat komunikasi politik terhadap masyarakat untuk membrandingkan produknya. Hal tersebut yang kemudian menjadi fokus dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi political marketing Afnan Hadiksumo dalam pemilu legislatif DPD RI Dapil DIY periode 2014-2019. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Selanjutnya, teknik pengumpulan datanya berupa wawancara kepada tokoh Afnan Hadikusumo, tim pemenangan, PWM DIY, dan masyarakat DIY, sedangakan dokumentasinya berupa buku, jurnal atau skripsi, serta dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Afnan Hadikusumo dan tim pemenangan telah menerapkan prinsip-prinsip strategi political marketing dengan baik terhadap masyarakat. Strategi yang digunakan juga telah sesuai dengan konsep 4Ps teori dari Harris & Look dalam Firmanzah (2007), yaitu product (produk), promotion (promosi), price (harga), dan place (penempatan). Sebagaimana tim pemenangan dan relawan melakukan pemasaran produk politiknya melalui media dan publikasi, lalu dengan perhitungan biaya dan image kandidat, serta strategi penyebaran informasi melalui posko yang tersebar disetiap daerah Provinsi DIY.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30914
      Collections
      • Department of Government Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV