dc.contributor.author | WIRANTI, RISKA | |
dc.date.accessioned | 2020-01-18T03:08:53Z | |
dc.date.available | 2020-01-18T03:08:53Z | |
dc.date.issued | 2019-12-14 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31150 | |
dc.description | Perkembangan teknologi yang sangat pesat beberapa tahun terakhir
menyebabkan munculnya berbagai macam jenis bisnis yang berbasis internet,
salah satunya adalah Tokopedia sebagai marketplace yang mempertemukan
penjual dan pembeli secara online. Judul penelitian ini adalah “Pengaruh
Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use dan E-Service Quality terhadap ECustomer
Satisfaction pada perdagangan online Tokopedia” yang bertujuan
untuk menganalisis bagaimana penerimaan penggunaan teknologi dan kualitas
pelayanan elektronik yang dirasakan pelnggan dalam mempengaruhi kepuasan
dalam melakukan transaksi pada situs Tokopedia.
Subjek dalam penelitian ini adalah pelanggan yang telah melakukan
transaksi minimal 2 kali dalam satu tahun terakhir di situs Tokopedia. Penelitian
ini dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 125 responden menggunakan
teknik pengambilan sampel berupa teknik non probability sampling dengan
metode purposive sampling dan menggunakan metode survei dengan
menyebarkan kuesioner menggunakan Google Forms. Alat analisis untuk
menganalisis data yaitu dengan SPSS (Statistical Package for Social Sciences).
Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan pada uji asumsi klasik
menyatakan bahwa model regresi linier berganda layak untuk dilakukan
penelitian. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa
Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use dan E-Service Quality berpengaruh
secara signifikan terhadap E-Customer Satisfaction. | en_US |
dc.description.abstract | The rapid development of technology in recent years led to the
emergence of various types of Internet-based businesses, one of which is
Tokopedia as a marketplace that brings together sellers and buyers online. The
title of this research is "influence of Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use
and E-Service Quality of E-Customer Satisfaction on Tokopedia Online Shop
Customers" aimed at analyzing how the acceptance of technology use and the
quality of electronic services that are felt to influence the satisfaction of doing
transactions on the Tokopedia website.
The subjects in this study are customers who have made transactions at
least 2 times in the past year on the Tokopedia site. This research was conducted
with a total sample of 125 respondents using a non-probability sampling
technique with a purposive sampling method and using a survey method by
distributing questionnaires using Google Forms. The analytical tool for analyzing
data is the SPSS (Statistical Package for Social Sciences).
The result of classical assumption test show the regression model is
proper. Based on the analysis that has been done, the results show that Perceived
Usefulness, Perceived Ease of Use and E-Service Quality significantly influence
E-Customer Satisfaction. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, E-Service Quality, ECustomer Satisfaction. | en_US |
dc.title | PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE DAN ESERVICE QUALITY TERHADAP E-CUSTOMER SATISFACTION | en_US |
dc.title.alternative | Studi pada pelanggan perdagangan online Tokopedia | en_US |
dc.type | Thesis SKR FEB 820 | en_US |