PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, KARAKTERISTIK CORPORATE GOVERNANCE DAN KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari dan mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dewan Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, Kinerja Lingkungan terhadap Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan yang termasuk dalam daftar Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang termasuk dalam ISSI dan mengikuti PROPER pada tahun 20152017. Metode pengambilan sampel dalam penelitan ini adalah purposive sampling, sehingga diperoleh total sampel sebanyak 27 perusahaan. Teknis analisis dilakukan dengan metode regresi berganda dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan dewan komisaris independen berpengarug positif terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting, sedangkan leverage, profitabilitas, kepemilikan institusional dan kinerja lingkungan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting.