STRATEGI PROMOSI LAWE INDONESIA SEBAGAI SOCIAL ENTERPRISE DALAM MENDUKUNG PENINGKATAN PENJUALAN TAHUN 2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi promosi yang digunakan Lawe Indonesia sebagai social enterprise dalam mendukung peningkatan penjualan tahun 2018. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi yang diperoleh dari dokumen-dokumen Lawe Indonesia dan dari berbagai sumber yang relevan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan Lawe Indonesia dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu dengan menentukan target audiens, menentukan tujuan, merancang pesan promosi, menyeleksi saluran komunikasi, dan menetapkan anggaran promosi. Selain itu, Lawe Indonesia juga menggunakan bauran promosi, antara lain personal selling, publisitas, sales promotion, direct marketing, word of mouth, dan event/ pameran. Sebagai bisnis yang berbasis social enterprise terdapat misi sosial yang menggerakkan bisnis tersebut. Pelaksanaan dari adanya misi sosial adalah dengan melakukan program pelatihan dan pendampingan bagi masyarakat.