Show simple item record

dc.contributor.advisorMUALIDIN, ISNAINI
dc.contributor.authorWANPRALA, CONI
dc.date.accessioned2020-01-23T03:20:25Z
dc.date.available2020-01-23T03:20:25Z
dc.date.issued2020-01-07
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31264
dc.descriptionSaat ini perkembangan teknologi dan informasi sudah mencapai pada taraf yang sangat pesat. Teknologi dan informasi dimanfaatkan sebagai media pelayanan di lingkungan pemerintah yang juga dikenal dengan eGovernment terutama dalam hal pelayanan keterbukaan informasi publik. Pemerintah pusat melalui Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, mendorong semua Badan Publik untuk melakukan tranparansi dalam penyelenggaraan negara dengan memanfaatkan wesbsite. Sepuluh tahun telah berjalan, namun masih banyak website pemerintah daerah belum memiliki kualitas yang baik, dari keterpurukan sejumlah pemerintah Kabupaten/Kota dalam menjalankan program pembangunan e-Government tersebut, muncul Pemerintah Kabupaten Sleman yang telah melaksanakan pelayanan keterbukaan informasi publik berbasis digital. Penelitian ini adalah suatu penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan realita yang terjadi. Objek penelitian pada penelitian ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informmasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Sleman dengan domain https://ppid.slemankab.go.id. kemudian Dinas Kumunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman sebagai pihak penyelenggara program keterbukaan informasi publik. Tehnik pengumpulan data sendiri dilakukan denga cara wawancara, studi dokumentasi, dan pengamatan lapangan (observasi). Setelah pengumpulan dan penyajian data, kemudian data akan direduksi terlebih dahulu kemudian dianalisi dan disimpulkan. Dari hasil penelitian, secara umum penulis menyimpulkan bahwa website PPID Kabupaten Sleman sudah sampai pada taraf kualifikasi untuk menjadi sebuah website yang berkualitas, namun demikian masih ada beberapa perbaikan dan evaluasi yang harus dilakukan oleh instansi terkait agar menjadi lebih baik yaitu (i) website masih dinilai sebagai pelayanan satu arah (ii) Masih banyak OPD yang belum siap implementasikan PPID (iii) data dan informasi masih tidak update (iv) kurangnya daya tanggap pelayanan dalam permohonan informasi.en_US
dc.description.abstractSaat ini perkembangan teknologi dan informasi sudah mencapai pada taraf yang sangat pesat. Teknologi dan informasi dimanfaatkan sebagai media pelayanan di lingkungan pemerintah yang juga dikenal dengan eGovernment terutama dalam hal pelayanan keterbukaan informasi publik. Pemerintah pusat melalui Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, mendorong semua Badan Publik untuk melakukan tranparansi dalam penyelenggaraan negara dengan memanfaatkan wesbsite. Sepuluh tahun telah berjalan, namun masih banyak website pemerintah daerah belum memiliki kualitas yang baik, dari keterpurukan sejumlah pemerintah Kabupaten/Kota dalam menjalankan program pembangunan e-Government tersebut, muncul Pemerintah Kabupaten Sleman yang telah melaksanakan pelayanan keterbukaan informasi publik berbasis digital. Penelitian ini adalah suatu penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan realita yang terjadi. Objek penelitian pada penelitian ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informmasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Sleman dengan domain https://ppid.slemankab.go.id. kemudian Dinas Kumunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman sebagai pihak penyelenggara program keterbukaan informasi publik. Tehnik pengumpulan data sendiri dilakukan denga cara wawancara, studi dokumentasi, dan pengamatan lapangan (observasi). Setelah pengumpulan dan penyajian data, kemudian data akan direduksi terlebih dahulu kemudian dianalisi dan disimpulkan. Dari hasil penelitian, secara umum penulis menyimpulkan bahwa website PPID Kabupaten Sleman sudah sampai pada taraf kualifikasi untuk menjadi sebuah website yang berkualitas, namun demikian masih ada beberapa perbaikan dan evaluasi yang harus dilakukan oleh instansi terkait agar menjadi lebih baik yaitu (i) website masih dinilai sebagai pelayanan satu arah (ii) Masih banyak OPD yang belum siap implementasikan PPID (iii) data dan informasi masih tidak update (iv) kurangnya daya tanggap pelayanan dalam permohonan informasi.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectWebportal, e-government, PPID, Keterbukaan Informasi, Slemanen_US
dc.titleKUALITAS LAYANAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK BERBASIS WEBPORTAL PADA PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2019en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 10en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record