PERBANDINGAN SIFAT FISIS DAN MEKANIS BLOK SILINDER GENUINE PART DENGAN BLOK SILINDER BERBAHAN ALUMINIUM BEKAS
Abstract
Tujuan penelitian adalah membuat blok silinder dengan metode pengecoran logam menggunakan bahan bekas blok silinder vixion, blok silinder mio J, dan piston mio J. Dilebur dengan pola cetakan pasir menggunakan blok silinder genuine part motor yamaha vixion, dengan proses penuangan grafitasi pada suhu penuangan mencapai 700oC-800oC. Dengan kegiatan penelitian meliputi pengujian komposisi kimia, uji keausan, dan uji kekerasn. Analisa hasil penelitian menunjukan bahwa blok silinder coran memiliki presentase Si paling besar dengan kadar 10,57% Si dengan nilai rata-rata keausan 2,013 mm2/kg. Sedangkan blok silinder genuine part 13,29% Si (selisih kadar 2,72%) dengan nilai rata-rata keausan 0,075 mm2/kg (selisih 1,938 mm2/kg). Sedangkan nilai rata-rata uji kekerasan spesimen coran 111,6 HB. dan Spesimen genuine part 165,3 HB. Hasil pengujian komposisi kimia terdapat 15 unsur dengan persentase unsur dominan pada blok genuine part 79,78% Al, 13,2928% Si, 5,7197 Cu. Sedangakan pada blok silinder coran 83,22% Al, 10,5751% Si, 2,7443% Cu, 1,7762% Zn, 1,1138% Fe. dengan nilai rata-rata keausan blok silinder genuine part 0,075 mm2/kg dan blok silinder coran 2,013mm2/kg. Sedangkan pengujian kekerasan yang didapat nilai rata-rata spesimen Coran 111,6 HB. dan sepesimen Genuine Part 165,3 HB.