Show simple item record

dc.contributor.advisorMAKRUFI, ANISA DWI
dc.contributor.authorAMALIA, FARIDA
dc.date.accessioned2020-01-28T06:31:24Z
dc.date.available2020-01-28T06:31:24Z
dc.date.issued2019-12-20
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31351
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran guru terhadap religiusitas siswa, (2) mengetahui pendukung dan pengambat peran guru terhadap religiusitas siswa. Penelitian ini menggunakan motode deskriptif kualitatif dengan pendekatan atau metode kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Responden penelitian ini adalah satu guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dan 36 siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Aqidah Akhlak telah memiliki peran yang baik terhadap religiusitas siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. (1) Religiusitas siswa sudah cukup baik dan hal ini berkaitan dengan peran guru Aqidah Akhlak. Peran guru Aqidah Akhlak terhadap religiusistas siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sudah baik. (2) Faktor pendukung peran guru ialah SDM dan fasilitas sekolah, seperti kegiatan dan pembiasaan keagamaan di sekolah. Faktor penghambat peran guru ialah SDM guru, yaitu kurangnya sikap tauladan yang diberikan kepada siswa mengenai pembiasaan sholat berjama‟ah di mushola.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran guru terhadap religiusitas siswa, (2) mengetahui pendukung dan pengambat peran guru terhadap religiusitas siswa. Penelitian ini menggunakan motode deskriptif kualitatif dengan pendekatan atau metode kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Responden penelitian ini adalah satu guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dan 36 siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Aqidah Akhlak telah memiliki peran yang baik terhadap religiusitas siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. (1) Religiusitas siswa sudah cukup baik dan hal ini berkaitan dengan peran guru Aqidah Akhlak. Peran guru Aqidah Akhlak terhadap religiusistas siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sudah baik. (2) Faktor pendukung peran guru ialah SDM dan fasilitas sekolah, seperti kegiatan dan pembiasaan keagamaan di sekolah. Faktor penghambat peran guru ialah SDM guru, yaitu kurangnya sikap tauladan yang diberikan kepada siswa mengenai pembiasaan sholat berjama‟ah di mushola.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectperan guru, Aqidah Akhlak, religiusitasen_US
dc.titlePERAN GURU AQIDAH AKHLAK TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 483en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record