PERAN GURU AQIDAH AKHLAK TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran guru terhadap
religiusitas siswa, (2) mengetahui pendukung dan pengambat peran guru terhadap
religiusitas siswa. Penelitian ini menggunakan motode deskriptif kualitatif
dengan pendekatan atau metode kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMP
Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Responden penelitian ini adalah satu guru mata
pelajaran Aqidah Akhlak dan 36 siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3
Yogyakarta. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket,
dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Aqidah Akhlak telah memiliki
peran yang baik terhadap religiusitas siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 3
Yogyakarta. (1) Religiusitas siswa sudah cukup baik dan hal ini berkaitan
dengan peran guru Aqidah Akhlak. Peran guru Aqidah Akhlak terhadap
religiusistas siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sudah baik.
(2) Faktor pendukung peran guru ialah SDM dan fasilitas sekolah, seperti
kegiatan dan pembiasaan keagamaan di sekolah. Faktor penghambat peran guru
ialah SDM guru, yaitu kurangnya sikap tauladan yang diberikan kepada siswa
mengenai pembiasaan sholat berjama‟ah di mushola.