dc.contributor.author | IRBANDINI, SUGIK NUR | |
dc.date.accessioned | 2020-02-05T07:57:04Z | |
dc.date.available | 2020-02-05T07:57:04Z | |
dc.date.issued | 2020-01-15 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31518 | |
dc.description | Jumlah kunjungan pasien yang menggunakan Jaminan Kesehatan
Nasional (JKN) semakin meningkat di setiap tahunnya. Namun peningkatan
tersebut di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta tidak disertai dengan
peningkatan pendapatan karena adanya klaim pending dan adanya dokumen
klaim yang hilang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model klaim BPJS
Kesehatan di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam. Dari hasil
penelitian didapatkan faktor penyebab klaim pending adalah
ketidaklengkapan resume medis, tulisan dokter sulit dibaca, ketidaklengkapan
dokumen pendukung, diagnosa tanpa terapi, adanya perbedaan coding dan
persepsi antara petugas coding dengan verifikator BPJS Kesehatan,
ketidaksesuaian administrasi, jaminan pada kasus kecelakaan lalu lintas dan
kecelakaan kerja, regulasi BPJS Kesehatan yang berubah-ubah, sedangkan
penyebab dokumen klaim yang hilang karena faktor SDM. Kesimpulan yang
di dapat bahwa sistem yang telah ada kurang berjalan dengan baik. | en_US |
dc.description.abstract | The number of patients that using National Health Insuranceor usually
known as JaminanKesehatan Nasional (JKN) areincreasing every year.
However, the increasement at RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta was not
accompanied by an increase in income due to pending claims and missing
claim documents.The purpose of this study was to determine the BPJS Health
claims model at RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. This study uses
qualitative methods with in-depth interviews.From the research results
obtained factors that cause pending claims are incomplete medical resume,
doctor's writing is difficult to read, incomplete supporting documents,
diagnosis without therapy, a differences between the coding officers and
BPJS Health verifiers, administrative mismatches, collateral in traffic
accident and accident cases work, BPJS Health shifting regulation, while the
cause of lost claim documents is due to HR factors.The conclusion is the
current system is not functioning well | en_US |
dc.publisher | MAGISTER ADMINISTRASI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | JKN - klaim | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL KLAIM BPJS KESEHATAN DALAM MENURUNKAN JUMLAH KLAIM PENDING DAN DOKUMEN KLAIM HILANG (STUDI KASUS RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |