dc.contributor.advisor | AZHAR, MUHAMMAD | |
dc.contributor.author | BASRI, HAMSYIN | |
dc.date.accessioned | 2020-02-07T01:54:31Z | |
dc.date.available | 2020-02-07T01:54:31Z | |
dc.date.issued | 2019-12-05 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31537 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Tapak Suci di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan untuk mengetahui bagaimana cara Unit Kegiatan Mahasiswa Tapak Suci di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengaplikasikan nilai-nilai pendidikan Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data yang diperoleh bukan berupa angka akan tetapi data yang diperoleh langsung dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang ada dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Tapak Suci di Univeristas Muhammadiyah Yogyakarta yaitu; 1) nilai i’tidaqiyyah meliputi; a) syariah, meliputi amar ma’ruf nahi munkar, dan jihad, 2) nilai khuluqiyyah meliputi: a) akhlaq seperti disiplin, percaya diri, teladan, sabar, tanggung jawab, sopan santun, tawadhu’, amanah, fathonah dan kepemimpinan, b) kemanusiaan, meliputi toleransi (saling menghargai) dan keharmonisan/kasih sayang, c) kesehatan, 3) amaliyyah meliputi; a) ibadah. Kemudian ada dua cara Unit Kegiatan Mahasiswa Tapak Suci di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam mengaplikasikan nilai-nilai pendidikan Islam, yaitu: 1) dakwah seperti program kuliah tujuh menit, berdo’a, melalui sikap (disiplin dan sopan), workshop keislaman, 2) beramal kebaikan dengan cara membantu orang-orang yang sedang kesusahan, bakti sosial, mengadakan program bulan ramadhan, dan mengajar TPA. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Tapak Suci di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan untuk mengetahui bagaimana cara Unit Kegiatan Mahasiswa Tapak Suci di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengaplikasikan nilai-nilai pendidikan Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data yang diperoleh bukan berupa angka akan tetapi data yang diperoleh langsung dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang ada dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Tapak Suci di Univeristas Muhammadiyah Yogyakarta yaitu; 1) nilai i’tidaqiyyah meliputi; a) syariah, meliputi amar ma’ruf nahi munkar, dan jihad, 2) nilai khuluqiyyah meliputi: a) akhlaq seperti disiplin, percaya diri, teladan, sabar, tanggung jawab, sopan santun, tawadhu’, amanah, fathonah dan kepemimpinan, b) kemanusiaan, meliputi toleransi (saling menghargai) dan keharmonisan/kasih sayang, c) kesehatan, 3) amaliyyah meliputi; a) ibadah. Kemudian ada dua cara Unit Kegiatan Mahasiswa Tapak Suci di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam mengaplikasikan nilai-nilai pendidikan Islam, yaitu: 1) dakwah seperti program kuliah tujuh menit, berdo’a, melalui sikap (disiplin dan sopan), workshop keislaman, 2) beramal kebaikan dengan cara membantu orang-orang yang sedang kesusahan, bakti sosial, mengadakan program bulan ramadhan, dan mengajar TPA. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | nilai-nilai pendidikan Islam, Tapak Suci, I’tidaqiyyah, Khuluqiyyah, Amaliyyah | en_US |
dc.title | NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM UNIT KEGIATAN MAHASISWA TAPAK SUCI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis SKR FAI 419 | en_US |