Show simple item record

dc.contributor.authorABP, M Risydan
dc.date.accessioned2020-02-10T03:34:11Z
dc.date.available2020-02-10T03:34:11Z
dc.date.issued2019-12-11
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31585
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengungkap dimensi dan implementasi pembelajaran kurikulum PAI 2013 pada tingkat Sekolah Dasar berbasis kecerdasan majemuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi pustaka (library research). Hasil penelitian menunjukan bahwa: a) Dimensi Kecerdasan majemuk dalam kurikulum PAI 2013 tingkat Sekolah Dasar dapat dilihat melalui: (1) Kompetensi Inti yang meliputi kompetensi spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan. Kompetensi spiritual mengandung jenis kecerdasan eksistensial. Kompetensi sosial mengandung jenis kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal. Kompetensi pengetahuan mengandung jenis kecerdasan logis-matematis, kecerdasan linguistik, kecerdasan musikal, kompetensi keterampilan mengandung jenis kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinestetik, dan kecerdasan naturalis. (2) Pendekatan saintifik yang meliputi urutan logis berupa menagamati menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran dalam kecerdasan majemuk serta alternatif pendekatan berbasis saintifik seperti Inquiry based Learning, Collaborative dan Cooperative Learning, Integrated Learning. (3) Penilaian autentik berupa penilaian sikap yang terdiri dari observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat, jurnal dan wawancara, penilaian pengetahuan yang terdiri dari penilaian tes tertulis, tes lisan dan penugasan, dan penilaian keterampilan yang terdiri dari penilaian unjuk kerja, proyek , portofolio dan produk. b) Implementasi konsep kecerdasan majemuk dalam pembelajaran PAI kurikulum 2013 tingkat Sekolah Dasar dapat dilakukan dengan cara: (1) Mengenali kecerdasan majemuk peserta didik, (2) Mempersiapkan draf pembelajaran PAI kurikulum 2013 pada tingkat Sekolah Dasar yang meliputi: Pemetaan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, fokus pada topik, menentukan pendekatan pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran, (3) Menentukan model penilaian pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk, (4) Menentukan model pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk pada kurikulum PAI 2013 tingkat Sekolah Dasar.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengungkap dimensi dan implementasi pembelajaran kurikulum PAI 2013 pada tingkat Sekolah Dasar berbasis kecerdasan majemuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi pustaka (library research). Hasil penelitian menunjukan bahwa: a) Dimensi Kecerdasan majemuk dalam kurikulum PAI 2013 tingkat Sekolah Dasar dapat dilihat melalui: (1) Kompetensi Inti yang meliputi kompetensi spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan. Kompetensi spiritual mengandung jenis kecerdasan eksistensial. Kompetensi sosial mengandung jenis kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal. Kompetensi pengetahuan mengandung jenis kecerdasan logis-matematis, kecerdasan linguistik, kecerdasan musikal, kompetensi keterampilan mengandung jenis kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinestetik, dan kecerdasan naturalis. (2) Pendekatan saintifik yang meliputi urutan logis berupa menagamati menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran dalam kecerdasan majemuk serta alternatif pendekatan berbasis saintifik seperti Inquiry based Learning, Collaborative dan Cooperative Learning, Integrated Learning. (3) Penilaian autentik berupa penilaian sikap yang terdiri dari observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat, jurnal dan wawancara, penilaian pengetahuan yang terdiri dari penilaian tes tertulis, tes lisan dan penugasan, dan penilaian keterampilan yang terdiri dari penilaian unjuk kerja, proyek , portofolio dan produk. b) Implementasi konsep kecerdasan majemuk dalam pembelajaran PAI kurikulum 2013 tingkat Sekolah Dasar dapat dilakukan dengan cara: (1) Mengenali kecerdasan majemuk peserta didik, (2) Mempersiapkan draf pembelajaran PAI kurikulum 2013 pada tingkat Sekolah Dasar yang meliputi: Pemetaan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, fokus pada topik, menentukan pendekatan pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran, (3) Menentukan model penilaian pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk, (4) Menentukan model pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk pada kurikulum PAI 2013 tingkat Sekolah Dasar.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectKURIKULUM PAI 2013 TINGKAT SEKOLAH DASARen_US
dc.subjectKECERDASAN MAJEMUKen_US
dc.titleSTUDI KRITIS KONSEP KECERDASAN MAJEMUK DALAM KURIKULUM PAI 2013 PADA TINGKAT SEKOLAH DASARen_US
dc.typeThesis SKR FAI 395en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record