INTENSI BULLYING DI SEKOLAH YANG MENERAPKAN SISTEM POIN (Studi Deskriptif Kuantitatif Di SMP Muhammadiyah 1 Gamping)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis intensi bullying di SMP Muhammadiyah 1 Gamping. Perilaku bullying sering terjadi didalam dunia pendidikan dan dilakukan oleh para siswa, salah satu penyebab melakukan perilaku tersebut karena intensi individu untuk melakukan suatu tindakan. Penilitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian ini merupakan jenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 156 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan non probability sampling dengan teknik convenience sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif, Uji Normalitas, Uji-t Independent Sample dan Uji One Way Anova. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa tingkat intensi bullying dari 25 siswa berkategori sedang karena SMP Muhammadiyah 1 Gamping telah menerapkan sistem poin dalam pelanggaran. Selain itu, hasil intensi bullying terdapat perbedaan anak ditinjau dari beberapa faktor seperti jenis kelamin, pendidikan dan pekerjaan orang tua.