STRATEGI CUSTOMER RELATIONS MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PT GARUDA INDONESIA BRANCH OFFICE PANGKAL PINANG 2016-2017
Abstract
Strategi Customer Relations Management merupakan salah satu faktor terpenting
dalam perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia jasa. Penelitian ini
membahas mengenai strategi customer relations management yang dilakukan PT
Garuda Indonesia Branch Office Pangkal Pinang guna meningkatkan loyalitas
pelanggan tahun 2016-2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
pelaksanaan Strategi Customer Relationship Management dalam Meningkatkan
Loyalitas Pelanggan di PT Garuda Indonesia Branch Office Pangkal Pinang dan
juga untuk mengetahui hal apa yang menjadi faktor pendukung serta penghambat
dalam pelaksanaan kegiatan CRM tersebut.
Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan
data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validasi data dengan
menggunakan triangulasi sumber.
Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan
customer relations management PT Garuda Indonesia Branch Office Pangkal
Pinang melakukan empat kegiatan CRM yang mencakup ke dalam tiga tahapan
CRM yaitu local event promotions (Require), visit mitra kerja (Enhance) treat
khusus kepada jama’ah Haji dan Umroh (Retain). Strategi Customer Relations
Management PT Garuda Indonesia Branch Office Pangkal Pinang yang
membedakan dengan Branch Office lainnya ialah adanya treat khusus kepada
jama’ah Haji dan Umroh yaitu berupa pengantaran langsung oleh Branch Manager
menuju cabin pesawat. Kegiatan CRM yang dilakukan PT Garuda Indonesia
Branch Office Pangkal Pinang sudah berjalan dengan cukup baik, meskipun
memiliki beberapa kelemahan. Kurangnya perencanaan yang matang berdampak
kurang efektifnya pelaksanaan kegiatan customer relations management untuk
mencapai tujuan PT Garuda Indonesia Branch Office Pangkal Pinang untuk
menjaring loyalitas pelanggan.