PENGARUH PERSEPSI, KEPERCAYAAN, DAN NILAI NASABAH TERHADAP PERILAKU WORD OF MOUTH TENTANG BANK SYARIAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi, kepercayaan, dan nilai nasabah terhadap perilaku word of mouth tentang Bank Syariah. Objek pada penelitian ini yakni mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu convenience sampling. Pada penelitian ini, data dikumpulkan mengunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang terdiri dari 50 mahasiswa yang mempelajari Ekonomi Syariah dan 50 mahasiswa non Ekonomi Syariah dan dianalisis dengan bantuan aplikasi SPSS dengan software IBM SPSS versi 2.2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persepsi berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku word of mouth tentang Bank Syariah 2) Kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku word of mouth tentang Bank Syariah 3) Nilai nasabah berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku word of mouth tentang Bank Syariah 4) Secara simultan persepsi, kepercayaan, dan nilai nasabah memiliki nilai signifikansi 0,000, sehingga dapat dikatakan bahwa secara bersama-sama varibel persepsi, kepercayaan, dan nilai nasabah berpengaruh terhadap perilaku word of mouth tentang Bank Syariah.